Universitas Airlangga Official Website

HIMAKOM Ulas Seputar Dunia Public Relation Melalui Pure Talk

Pemaparan materi dan sesi diskusi oleh Salsabila Aisyah Bundarti Pada Sabtu (25/11/2023) (Foto: Christopher Hendrawan)

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM), Universitas Airlangga mengadakan seminar bertajuk “Pure Talk” pada Sabtu (25/11/2023). Acara tersebut berlangsung di Ruang Parlinah, Perpustakaan Pusat Kampus Dharmawangsa-B. 

Kegiatan itu mengusung tema “Tren PR Modern Membangun Citra yang Kuat di Era Digital”. Pada kesempatan tersebut, Salsabila Aisyah Bundarti selaku Commercial Marketing Supervisor di Olympic Grup hadir sebagai pembicara. 

Talkshow itu memperbincangkan terkait bagaimana membangun citra yang kuat sebagai seorang Public Relation dalam era digital masa kini. Ia mengatakan, keterampilan dalam berkomunikasi dan membangun relasi menjadi hal penting dalam meningkatkan citra pribadi.

“Membangun komunikasi baik secara offline maupun online yang perusahaan lakukan dengan masyarakat, klien, dan semua pihak luar untuk menciptakan partisipasi publik. Hal itu merupakan tugas utama seorang public relation untuk membangun dan mempertahankan hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat agar memberikan citra baik,” jelas Salsa.

Lebih lanjut, ia menceritakan alasan memilih peminatan dalam bidang public relation untuk berkarir pada masa depan. Hal itu berangkat dari minat dan kecintaan terhadap media korporasi dan public relation selama berkuliah di Universitas Airlangga.

“Semasa kuliah, saya memiliki passion dan minat dalam bidang public relation dan media relation. Terlebih, dengan kepribadian saya yang senang untuk bertemu dan bersosialisasi dengan banyak orang menjadi faktor lain yang tak kalah penting,” ujarnya.

Selanjutnya, ia menyampaikan di era digital saat ini seorang public relation tidak dapat terlepas dari media sosial. Untuk berkarir dalam dunia ini, perlu adanya keterampilan khusus guna memudahkan kita sebagai seorang public relation.

“Seorang public relation membutuhkan beberapa keterampilan khusus dalam menjalankan tugasnya. Contohnya seperti etika dalam menggunakan internet, copywriting, visual dasar, komunikasi, dan kemampuan dalam membangun komunitas,” tuturnya.

Salsa memaparkan public relation juga berkaitan erat dengan media relation. Meskipun dari segi tugasnya memiliki perbedaan satu sama lain. Namun, secara keseluruhan keduanya saling memastikan bahwa organisasi atau perusahaan tersebut mendapatkan perhatian oleh media massa, sehingga informasi dapat tersampaikan oleh audiens yang luas.

“Era digital ini, public relation juga turut bekerja menyebarluaskan informasi seperti menerbitkan siaran berita online atau update apapun yang berkaitan dengan organisasinya pada para stakeholders. Media sosial saat ini sangatlah membantu aktivitas kehumasan dalam bidang publisitas,” ungkapnya. 

“Tak hanya itu, media sosial pun berpotensi untuk memberikan informasi terkait brand atau perusahaan secara instan. Seperti yang kita ketahui, pengguna sosmed saat ini sangat banyak dan hal itu dapat memudahkan seorang public relation dalam menjangkau target konsumen yang lebih besar,” pungkasnya.

Penulis: Christopher Hendrawan

Editor: Nuri Hermawan