Universitas Airlangga Official Website

Kampanye Partisipatori Anti Stunting Melalui Tiktok

IL by Teknologi Bisnis com

Model  Participatory  Actions  Research (penelitian Tindakan) menjadi salah satu metode penelitian dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya penurunan angka stunting di Jawa Timur. Sebuah penelitian  telah dilakukan dengan melibatkan partisipasi masyarakat secara aktif  berupa pembuatan video tiktok. Adapun isinya adalah ajakan kepada warga untuk melakukan berbagai tindakan pencegahan stunting.

Hasilnya, terdapat 234 video tiktok yang dibuat oleh warga desa dari 180 desa di 18 Kabupaten di Jawa Timur. Hasil video tersebut ditabulasi dari aspek demografis, konten video, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk memproduksi video. Hasil tabulasi dianalisis dengan menggunakan model Participatory Action Research untuk menentukan tingkat partisipasi masyarakat apakah sudah sampai tingkat subyek, pelaku, atau pemimpin kampanye. Model partisipatory Action Research ini berkaitan dengan penelitian tindakan yang menghasilkan formula yang sesuai dengan bentuk partisipasi masyarakat dalam melakukan upaya penurunan angka stunting.

Dari berbagai video kampanye yang telah dibuat menunjukan berbagai konsep yang dilakukan pada video tersebut. Dampak dari kegiatan kaji tindak ini adalah terwujudnya kemandirian masyarakat dalam memecahkan masalah yang ada di sekitarnya.  

Penulis: Siti Rahayu Nadhiroh

Referensi: Bunga Farida, Siti Rahayu Nadhiroh, Edi Dwi Riyanto, Mochammad Bagus Qomaruddin, Shrimarti Rukmini Devy, & Emy Trisna Juwita. (2022). Kampanye Partisipatory Anti-Stunting dengan Menggunakan Sosial Media Tiktok di Jawa Timur. Media Gizi Indonesia17(1SP), 53–57.