Universitas Airlangga Official Website

Pentingnya Optimalisasi Media Sosial Sebagai Branding Organisasi

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga kembali menggelar workshop News and Content Training (NCT) batch 3 pada Kamis  (29/02/2024). Sebagai informasi, NCT merupakan agenda rutin yang diadakan oleh Pusat Komunikasi dan Informasi Publik (PKIP) bertujuan untuk lebih mematangkan kemampuan jurnalis dan konten media dari masing-masing fakultas dalam menyampaikan informasi maupun berita.

Kegiatan itu berlangsung di Aula Kahuripan kampus MERR C UNAIR, Gesang Manggala Nugraha Putra SS SA MHum mengisi materi kedua, bertajuk Optimalisasi Media Sosial untuk Branding Organisasi. Menurutnya, media sosial (medsos) awalnya digunakan oleh individu secara personal. Seiring berjalannya waktu,  platform  dimanfaatkan oleh organisasi untuk berinteraksi dengan khalayak dan membangun komunitas online. 

“Alasan paling sederhana media sosial sebagai branding organisasi, brand adalah kesan. Kesan yang terbentuk dari interaksi orang lain dengan organisasi kita,” tutur Gaesang

Ia menyebut, bentuk interaksi bisa macam macam lewat apa yang mereka lihat, dengar atau alami sendiri. Kesan yang berbeda menampilkan diri anda brand yang berbeda. Organisasi perlu membutuhkan penggunaan medsos menjadi alat yang efektif sebagai counter terhadap informasi negatif. Konten berfungsi mendukung pesan yang ingin disampaikan sehingga membantu menyeimbangkan narasi dan kesan positif tentang organisasi.

Gesang sekaligus dosen pengajar di prodi Sastra Inggris UNAIR menyampaikan, konten medsos baiknya bersifat humanis untuk membangun hubungan yang kuat dengan audiens agar menciptakan koneksi emosional. Medsos menyediakan platform dengan jangkauan yang luas dan menyediakan ruang terbentuknya komunitas yang menghubungkan anggota organisasi dan masyarakat.

Konten medsos bersifat real time, diunggah kapan saja untuk menciptakan arus informasi yang konsisten. Selain itu, terdapat fitur interaktif pada medsos dalam membangun engagement antara organisasi dengan masyarakat luas. Lalu, penggunaan fitur media analytics yang menyediakan informasi penting dalam menetapkan strategi branding yang cocok bagi organisasi.

Gesang membagikan tips agar penggunaan medsos berjalan maksimal yaitu, gunakan elemen branding yang konsisten termasuk logo, warna dan gaya bahasa untuk menegaskan identitas organisasi. Promosikan konten secara saling silang di seluruh platform untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Serta minta umpan balik dari pengguna dan followers untuk menyempurnakan strategi pengalaman pengguna.

“Ada satu hal yang sering dilewatkan, kembangkan kalender konten untuk menjadwalkan produksi dan unggahan. Pastikan kepatuhan terhadap panduan yang sudah dibuat,” paparnya. 

Penulis: Mutiara Rachmi Karenina

Editor: Khefti Al Mawalia