Universitas Airlangga Official Website

WUACD Gelar International Community Development Bahas Pengabdian Internasional

Sesi foto bersama International Community Development: “Go East Java 2024”. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – World University Association for Community Development (WUACD) gelar International Community Development: “Go East Java 2024”. Acara  yang berlangsung pada Rabu (28/2/2024) di Tarumanegara Hall, ASEEC Tower Kampus B UNAIR itu mempertemukan UNAIR dengan Universiti Teknologi Malaya (UTM) untuk membahas agenda Pengabdian Internasional pada Dusun Mendiro, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Indonesia.

drg Mega Moeharyono Puteri PhD Sp KGA(K) selaku Koordinator Penyelenggara Mobilitas WUACD mengatakan, selamat datang di Kota Pahlawan, Surabaya. Kami, lanjutnya, bersyukur karena telah memilih UNAIR menjadi tuan rumah untuk agenda WUACD kali ini.

“Selamat datang di Kota Pahlawan Surabaya, sebutan Kota Pahlawan ini berasal dari perjuangan warga Surabaya melawan bangsa kolonial waktu itu. Perjalanan yang akan kita menuju Jombang kurang lebih memakan waktu dua jam” tutur drg Mega.

Hadir pula Prof Ir Dr Shahrul Kamal Abdul Rahim, selaku perwakilan dari UTM. Prof Kamal menerangkan, ia sangat bahagia disambut dengan baik oleh UNAIR. Mula dari, lanjutnya, pada saat di bandara, hotel, hingga sampai pada UNAIR.

“Kami sangat bahagia karena telah disambut dengan hangat. Mulai dari kedatangan kami di bandara, lalu diantar menuju hotel, dan sampai ke UNAIR,” tutur Prof Shahrul.

Prof Shahrul melanjutkan, melalui kegiatan itu, kami berharap bisa belajar banyak softskill seperti bagaimana berkomunikasi dengan masyarakat. Hal ini, lanjutnya, menjadi kesempatan bagi UTM karena melihat berbagai perbedaan budaya yang ada di Indonesia.

“Kami berharap bisa belajar banyak dari kegiatan International Community Development: Go East Java 2024. Melihat terdapat berbagai perbedaan budaya, cara komunikasi antara Malaysia dan Indonesia bisa menjadikan pengalaman yang berharga bagi kami,” tutur Prof Shahrul.

Anggie Avrila, selaku ketua pelaksana Pengabdian Internasional “Go East Java 2024” itu menerangkan, acara akan berlangsung mulai Kamis (29/2/2024) hingga Minggu (3/3/2024) di Dusun Mendiro, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Indonesia. Acara itu, lanjutnya, merupakan salah satu Program Kerja Kementerian Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (Pengmas BEM UNAIR) yang akan memasuki tahun ketiga.

“Pengmas di Dusun Mendiro itu merupakan proker BEM UNAIR yang telah berjalan selama dua tahun kedepan, dan besok akan memasuki tahun ketiga,” tutur Anggie.

Anggie melanjutkan, tujuan utama dari Pengmas tersebut adalah mengembangkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pada Dusun Mendiro. 

Penulis: Muhammad Rizal Abdul Aziz

Editor: Nuri Hermawan