fbpx

Universitas Airlangga Official Website

Pusat Komunikasi dan Informasi Publik

Tentang Kami

Profil

Pusat Komunikasi dan Informasi Publik (PKIP) mempunyai peran strategis dalam melakukan produksi, diseminasi dan publikasi informasi kegiatan Tri Dharma maupun prestasi universitas. Unit kerja yang dahulu bernama Pusat Informasi dan Humas (PIH) pertama kali dibentuk berdasarkan Keputusan Rektor Nomor 847/H3/KR/2011 berubah nama menjadi Pusat Komunikasi dan Informasi Publik (PKIP) berdasarkan Keputusan Rektor Nomor 840/UN3/2022.

Terdapat tiga bidang atau tiga divisi didalam struktur PKIP yaitu, Website, Media dan Branding, dan Humas dan Pelayanan Publik. Dalam menjalankan tugasnya Ketua PKIP dibantu oleh Sekretaris dan tiga Koordinator Bidang. Ketua PKIP saat ini adalah Martha Kurnia Kusumawardani, dr., Sp.KFR(K).

Visi

Menjadi Pusat Komunikasi dan Informasi Publik yang mampu memfasilitasi peningkatan pencitraan Universitas Airlangga menjadi sebuah universitas mandiri, inovatif, unggul dan bermoral agama.

Misi

Menyelenggarakan aktivitas hubungan masyarakat yang terencana secara secara terus menerus melalui kegiatan image communicating campaign untuk memperoleh, meningkatkan dan mempertahankan reputasi baik serta saling pengertian antara Universitas Airlangga dengan stakeholders.

Tujuan

Menciptakan reputasi (brand image) korporat melalui penyelenggaraan aktivitas komunikasi media (media management), kegiatan promosi (promotion), pelayanan kepada pelanggan (customer care) dan peningkatan keahlian dalam bidang hubungan masyarakat yang tepat dan efektif untuk mendukung pencapaian program Universitas Airlangga.

Bidang

Bidang Website Pusat Komunikasi dan Informasi Publik dipimpin oleh seorang Koordinator Bidang Website yang saat ini dijabat oleh Muhammad Noor Fakhruzzaman, S.Kom., M.Sc.

Dalam Bidang Website, ada dua jabatan staf: Redaktur dan Pengelola Situs atau Web. Staf Bidang Website berjumlah 7 orang dengan rincian 6 orang redaktur dan 1 orang pengelola situs atau web. 

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DAN INSTRUKSI KERJA (IK)
SOP Pemutakhiran Informasi di Website Utama   
SOP Promosi Kegiatan di Website Utama 
IK Publikasi Berita Pilihan di Website Utama
IK Perawatan Berkala

Bidang Media dan Branding Pusat Komunikasi dan Informasi Publik dipimpin oleh seorang Koordinator yang saat ini dijabat oleh Gesang Manggala Nugraha Putra, S.S., S.A., M.Hum

Dalam Bidang Website, ada dua jabatan staf: Pengolah Konten Media Sosial dan Penata Acara. Staf Bidang Media dan Branding berjumlah 5 orang dengan rincian 3 orang pengolahan konten media sosial dan 2 orang penata acara.

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DAN INSTRUKSI KERJA (IK)
SOP Pengelolaan Media dan Branding melalui Newsroom
SOP Produksi Konten Media Sosial
SOP Permohonan Publikasi Konten di Media Sosial Universitas Airlangga 
IK Perencanaan Konten Media Sosial

Bidang Humas dan Pelayanan Publik Pusat Komunikasi dan Informasi Publik dipimpin oleh seorang koordinator yang saat ini dijabat oleh Hilda Yunita Sabrie, S.H., M.H

Dalam Bidang Humas dan Pelayanan Publik, ada dua jabatan staf: Pengelola Layanan Kehumasan dan Bendahara. Staf Bidang Media dan Branding berjumlah 3 orang dengan rincian 2 orang pengelola layanan kehumasan dan 1 orang bendahara.

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DAN INSTRUKSI KERJA (IK)
SOP Pelayanan Informasi melalui Whatsapp dan Email 
SOP Pelayanan Pengaduan Pelanggan melalui Whatsapp dan Email 
SOP Pelayanan Informasi melalui Media Sosial
SOP Pelayanan Pengaduan Pelanggan melalui Media Sosial

Form