Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) mengalami berbagai permasalahan perkembangan, termasuk kemampuan kognitif, yaitu atensi, konsentrasi, dan memori jangka pendek. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas model drum rhythm therapy untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak dengan ASD.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest, yaitu melakukan eksperimen pada kelompok yang sama, kemudian diukur menggunakan pretest dan posttest. Alat ukur observasi yang digunakan adalah check list atensi dan konsentrasi. Drum rhythm therapy diterapkan pada 14 anak dengan ASD yang berusia 4-12 tahun selama 3 bulan, setiap satu minggu sekali selama tiga bulan. Partisipan adalah siswa Gilang Ramadhan Studio Band (GRSB) Surakarta, Indonesia. Hasilnya 14 partisipan penelitian menunjukkan perbedaan skor sebelum dan setelah mengikuti terapi. Ada perbedaan yang signifikan kemampuan kognitif anak dengan ASD sebelum dan sesudah terapi (Z = -2.533b, p = 0.011, p < 0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa drum rhythm therapy dapat menjadi alternatif terapi anak dengan ASD untuk meningkatkan atensi, konsentrasi, dan memori jangka pendek.
Penulis: Prof. Dr. Suryanto, M.Si.
Jurnal: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Psikohumaniora/article/view/11837