Universitas Airlangga Official Website

Tips Manfaatkan AI pada Society 5.0

Suasana diskusi bersama tiga narasumber pada webinar LISTEN. (Foto Satrio Dwi Naryo)
Suasana diskusi bersama tiga narasumber pada webinar LISTEN. (Foto Satrio Dwi Naryo)

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa (HIMA) Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga adakan seminar nasional LISTEN (Library and Information Sciences Seminar). Kegiatan itu bertajuk Transformasi Perpustakaan dalam Era Society 5.0 Optimalisasi Artificial Inteligent (AI) untuk Akses dan Pelayanan yang Unggul di Aula Soetandyo, Kampus B Dharmawangsa pada (31/08/2023). 

“Acara ini merupakan acara yang positif di tengah populernya artificial intelligences (AI) di masyarakat. Dengan harapan, mendapatkan eksposur pengetahuan dari para narasumber di sini,” tutur Hendro Margono SSos Msc PhD dalam sambutan.

Peran AI dalam Kehidupan Mahasiswa 

Kehadiran artificial intelligences (AI) tentu memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan modern di Indonesia. Banyak kegiatan manusia yang dapat terbantu dengan teknologi AI. 

Salah satu pengaruh AI dalam kehidupan manusia adalah mudahnya akses untuk mengakses hiburan sesuai dengan preferensi kesukaan. AI bekerja untuk menganalisa perilaku pengguna dan merekomendasikan hiburan yang sesuai dengan preferensi yang pengguna inginkan, seperti Netflix. 

“Kehidupan manusia telah terbantu oleh peran AI. Hal ini tentu seharusnya kita dapat memanfaatkan teknologi AI dengan baik salah satunya pada perpustakaan sekarang,” jelas Purbandini SSi Mkom. 

Implementasi AI Pada Perpustakaan

AI juga bermanfaat untuk menunjang perpustakaan. Pada zaman sekarang, perpustakaan harus bertransformasi dan mengikuti perkembangan yang tengah terjadi di animo masyarakat. Hal tersebut dapat membantu perpustakaan tetap eksis meskipun telah adanya e-library. 

Salah satu pemanfaatan AI dalam perpustakaan yakni pada pencarian dan katalogisasi. Dengan AI dapat membantu meningkatkan efisiensi dalam pencarian dan katalogisasi koleksi buku di perpustakaan. Teknologi yang digunakan AI adalah dengan menganalisis dan mengenali pola dalam deskripsi buku. 

“Pemanfaatan AI ini sangat berguna untuk perpustakaan di tengah era modernisasi. Dengan AI dapat menunjang adanya peningkatan dan perkembangan kualitas dari suatu perpustakaan,” tutur dosen FTMM UNAIR. 

AI Anxiety 

Anita Dewi PhD menambahkan, hadirnya AI tentu menimbulkan adanya kepanikan (anxiety) dalam kehidupan manusia. Kepanikan ini timbul karena takut tergantikannya peran manusia dengan teknologi AI.

Adapun tiga faktor penyebab AI Anxiety yaitu terlalu fokus pada program AI, kurangnya pemahaman lingkup teknologi dan manusia serta salah konsepsi pada perkembangan teknologi. “Hal ini semestinya tidak akan terjadi pada manusia, jika manusia dapat memanfaatkan AI dengan baik dan membantu kehidupan manusia,” paparnya. 

Penulis Satrio Dwi Naryo

Editor Khefti Al Mawalia