Universitas Airlangga Official Website

Entrepreneurcamp Jadi Wadah Mahasiswa FIB Belajar Merintis Bisnis

Poster Informasi Enterpreneurcamp

Entrepreneurcamp Jadi Wadah Mahasiswa FIB Belajar Merintis Bisnis

Penulis : Kementerian EPP BEM FIB | Editor : Ilma Arrafi Nafi’a

BEM Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (UNAIR) akan mengadakan kegiatan Entrepreneurcamp pada 27-28 Desember 2022.  Entrepreneurcamp merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh Kementerian Ekonomi Kreatif dan Pengembangan Profesi (EPP) BEM FIB UNAIR, kementerian ini bergerak di bidang bisnis dan karir. 

Kegiatan ini juga mengundang seorang pegiat bisnis dan owner dari UMKM ternama sebagai narasumber. Adapun tema yang diusung adalah “Entrepreneurship Development for Young Generation” yang berupa pengembangan kewirausahaan untuk menghasilkan generasi penerus yang berkompeten. 

Kegiatan ini nantinya bertajuk camping dengan sharing session dan seminar tentang kewirausahaan. Pesertanya sendiri ditujukan bagi mahasiswa-mahasiswi internal Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga.

Kegiatan ini menggunakan metode pemaparan, kunjungan, presentasi, dan penugasan. Pemaparan dalam hal ini yaitu seminar mengenai Entrepreneurship yang akan membahas tentang pengembangan kewirausahaan. Selain itu juga diadakan sharing session, dimana masing-masing peserta akan berbagi ilmu mengenai wirausaha yang mereka buat.

Untuk lokasinya, kegiatan Entrepreneurcamp ini sendiri rencananya akan diadakan di Villa Permata Garden Regency. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari dengan hari pertama terdapat acara seminar Entrepreneurship bersama narasumber dan acara sharing session yang membahas tentang “Tips dan Trik Memulai Bisnis”. 

Di hari berikutnya, yaitu hari kedua sekaligus hari terakhir, para peserta akan mendapatkan brainstorming ide bisnis dengan melakukan kunjungan ke pasar tradisional.  Selain itu para peserta juga akan melakukan kunjungan ke beberapa UMKM sekitar, diskusi dan QnA entrepreneurship bersama narasumber, serta diskusi kelompok. 

Salah satu tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memotivasi dan memberikan inovasi kepada mahasiswa/i untuk mengembangkan sebuah usaha. Oleh karena itu, kegiatan camping dan seminar ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan tentang usaha bagi entrepeneur-entrepeneur muda yang ada di Universitas Airlangga. Selain itu, akan diberikan pula edukasi bagi yang akan memulai sebuah usaha. 

Penyelenggaraan kegiatan ini turut mendukung SDG’s 11 yakni Quality Education dan SDG’s 8 Decent Work and Economic Growth.