Universitas Airlangga Official Website

Mahasiswa Keperawatan Berikan Medical Check Up dan Edukasi Osteoporosis pada Lansia

NERS NEWS – Mahasiswa Profesi Ners Stase Komunitas menggelar medical check up dan edukasi pada (05/03/2023) di Balai RW 06 Kalijudan. Mahasiswa bekerjasama dengan komunitas lansia di wilayah RW 06 Kalijudan.

Kegiatan ini diselenggarakan bersamaan dengan senam lansia yang rutin dilaksanakan tiap minggunya. Medical check up dilakukan untuk mengevaluasi dan membantu mendiagnosa potensi masalah kesehatan yang mungkin ditemukan pada lansia. Dalam medical check up sendiri mahasiswa menyediakan pengecekan tekanan darah, kolesterol, asam urat, dan juga gula darah.

Pelaksanaan acara medical check up berjalan dengan lancar dan lansia merasa senang karena mendapatkan pemeriksaan. Selain medical check up mahasiswa juga memberikan edukasi mengenai osteoporosis pada lansia.

“Pemeriksaan dihadiri sekitar 20-25 lansia, sangat disayangkan ada beberapa lansia yang tidak mengetahui adanya pemeriksaan” Ujar Amanda

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh mahasiswa ditemukan banyak lansia yang memiliki kadar asam urat, kolesterol, dan gula darah yang tinggi serta hampir semua lansia memiliki tekanan darah tinggi. Melihat hal tersebut mahasiswa memberikan edukasi mengenai cara menekan risiko dan kondisi kesehatan tersebut serta mahasiswa juga berkolaborasi dengan tim Puskesmas Kalijudan dalam segi pengobatan.

“Banyak lansia yang sudah mengetahui memiliki risiko kesehatan tetapi ada beberapa dari lansia yang tidak rutin minum obat bahkan tidak berobat sama sekali” Ujar Inne.

Inne juga mengungkapkan ada beberapa faktor lansia tidak melakukan pemeriksaan dan pengobatan rutin karena faktor biaya dan takut mengetahui masalah kesehatan yang lain.

“Saya berharap pemeriksaan ini bisa rutin dilakukan setiap minggunya, karena kami biasanya melakukan pemeriksaan jika ada posyandu saja dan tidak semua lansia bisa hadir pada waktu yang ditentukan” Ujar Bu Endang.

Diharapkan kegiatan ini bisa membantu masyarakat terutama lansia untuk meningkatkan kesehatan dengan edukasi dan informasi yang diberikan.

 

Penulis: Julfia Aina Sari
Editor : Sapta Ardhana Puja (Airlangga Nursing Journalist)