Pendidikan, Kesetaraan, dan Inklusi: Pengajaran dan Pembelajaran untuk Utara yang Berkelanjutan, diedit oleh Diane B. Hirshberg, Mhairi C. Beaton, Gregor Maxwell, Tuija Turunen, dan Janette Peltokorpi, dan diterbitkan oleh Springer pada tahun 2023, menawarkan perspektif kontemporer tentang masalah pendidikan, kesetaraan, dan inklusi dalam konteks pendidikan berkelanjutan di wilayah Utara. Buku ini menyoroti kebijakan yang ditujukan untuk mendorong inklusivitas dan keadilan dalam konteks nasional dan regional di kawasan Arktik. Ini menggali lebih dalam penyediaan pendidikan di wilayah Utara, khususnya mengeksplorasi kesulitan dan kemajuan yang terlibat dalam menangani berbagai kebutuhan siswa di lingkungan terpencil dan cepat berkembang. Sementara banyak teks membahas hal-hal yang berkaitan dengan keadilan, inklusivitas, dan keragaman, sebagian besar berfokus pada wilayah Selatan dan mengabaikan pelajaran yang dapat diambil dari Utara.
Bab 1 buku ini berfokus pada upaya untuk meningkatkan hasil pendidikan di Alaska, yang bertujuan menantang narasi krisis guru di wilayah tersebut. Bab 2 menyelidiki instrumen kebijakan yang digunakan untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan di Greenland. Bab 3 buku ini membahas dasar Pendidikan Guru Sami, Dalam konteks khusus Sami University of Applied Sciences di Norwegia, yang menawarkan program pendidikan guru untuk siswa di Sami Utara, bab ini menggunakan analisis teks dan narasi diri untuk mendapatkan wawasan ke dalam implementasi praktis dari kurikulum. Bab 4 menawarkan analisis komparatif tentang ketentuan pendidikan untuk bahasa asli Sami yang terancam punah dan bahasa warisan minoritas Gaelik di Skotlandia.
Bab 5 menyoroti pentingnya pembuat kebijakan pendidikan dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti identitas budaya etnis, bahasa ibu, dan inklusi untuk memfasilitasi integrasi anak-anak imigran di Kepulauan Faroe. Bab 6 menyoroti tantangan dan kemungkinan yang muncul dari faktor geografis dalam transisi mulus dari pendidikan dasar ke pendidikan tinggi bagi individu muda yang tinggal di Lapland Utara, Finlandia. Bab 7 menampilkan hasil studi penelitian yang dilakukan di antara komunitas Saami dan Nenets di Rusia, memeriksa identitas yang dianut oleh individu muda dalam komunitas adat ini dibandingkan dengan rekan mereka di Rusia. Bab 8 bertujuan untuk mengatasi kesenjangan dalam penelitian tentang pendidikan di Greenland, khususnya mengenai perspektif siswa tentang pengalaman mereka di kelas. Bab 9 menyelidiki tema pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan dengan memeriksa implementasi proyek penelitian tindakan di Swedia berjudul ‘Mengajar Keberlanjutan Sosial dan Tentang Komunitas Sami di Sekolah Menengah. Dalam Bab 10, fokus bergeser ke dua pendidik menanggapi tidak adanya konten dan sejarah Pribumi dalam konteks pendidikan Kanada. Bab 11 menyelidiki sudut pandang dua pulau Nordik saat mereka memeriksa kerangka kebijakan yang diperlukan untuk mempersiapkan pendidik masa depan untuk terlibat dengan siswa dari latar belakang bahasa dan budaya yang berbeda. Bab 12 mengeksplorasi topik rekrutmen dan pergantian guru di sekolah-sekolah Greenland, menggambarkan perbandingan antara pesisir Barat dan Timur Greenland.
Bab 13 berusaha mengkaji strategi pengajaran yang memfasilitasi pendidikan inklusif dan personal di sekolah kelas rangkap yang terletak di komunitas pedesaan kecil di utara Norwegia. Bab 14 membahas penelitian tindakan kolaboratif yang ditujukan untuk mendukung guru di daerah pedesaan terpencil yang mengalami kesulitan mengikuti kursus pengembangan profesional. Bab 15 mengadopsi perspektif ‘non-utara’ untuk menggambarkan tahapan pendidikan di wilayah utara. Para peneliti menyoroti isu-isu seperti bahasa, budaya, komunitas lokal, perubahan demografis, dan kebijakan pendidikan yang memengaruhi layanan pendidikan di wilayah tersebut. Buku ini menyajikan visi pengajaran dan pembelajaran yang komprehensif, menarik wawasan dan pengalaman dari berbagai perspektif. Buku ini disusun berdasarkan dua tema utama: memberdayakan guru untuk merangkul keragaman dan mempromosikan inklusi di dalam kelas.
Penulis: Rima Firdaus, S.Hum., M.Hum.
Informasi detail bookreview ini dapat dilihat pada tulisan kami di :
Tittle : Education, equity and inclusion: Teaching and learning for a sustainable North