Universitas Airlangga Official Website

UNAIR Gelar SDGs Festival 2023

Ketua SDGs Center bersama para keynote speaker dalam Launching Buku UNAIR SDGS Series. (Foto: Istimewa)
Ketua SDGs Center bersama para keynote speaker dalam Launching Buku UNAIR SDGS Series. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – SDGs Center Universitas Airlangga kembali membuat kemajuan yang luar biasa. Di tahun 2023 ini, SDGs Center Universitas Airlangga berhasil menggelar SDGs Festival 2023 dengan sukses. Kegiatan ini merupakan festival perdana yang diselenggarakan oleh SDGs Center Universitas Airlangga dengan lebih dari 1000 peserta yang melakukan registrasi. 

SDGs Festival itu berlangsung selama 3 hari yakni pada tanggal 20-22 November 2023. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Aula Garuda Mukti, Kampus MERR-C serta secara online melalui live youtube. 

Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Digitalisasi, & Informasi (IDI), Prof Muhammad Miftahussurur, dr Mkes Sp PD-KGEH PhD mengungkapkan bahwa Universitas Airlangga siap menjadi penggerak SDGs di Indonesia. Ia menyampaikan bahwa saat ini UNAIR berkomitmen untuk mengedepankan pilar-pilar SDGs dalam program kerja serta aktivitas semua pihak. 

Oleh karena itu, SDGs Festival dilaksanakan sebagai upaya untuk mempercepat pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Selain itu, SDGs Festival juga merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mendukung nilai-nilai hebat sesuai dengan pembangunan berkelanjutan. 

“SDGs Center ini bertujuan untuk mengoordinasikan seluruh kegiatan civitas akademika UNAIR dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs),” ujarnya. 

Selain itu, Prof Miftah juga menyebutkan bahwa salah satu cara Universitas Airlangga dalam mengimplementasikan SDGs di lingkungan universitas adalah melalui launching buku UNAIR SDGs series. “Kita dapat memberikan contoh tidak hanya secara lisan, tetapi juga melalui panduan tertulis dalam bentuk buku agar SDGs dapat diimplementasikan,” ungkap Wakil Rektor bidang IDI ini. 

Sementara itu, Pungkas Bahjuri Ali STP Ms selaku Staf Ahli Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan menyampaikan tentang peran perguruan tinggi dalam percepatan pencapaian SDGs di daerah. Dijabarkan, bahwa SDGs hadir dengan komprehensif untuk mewujudkan kehidupan yang sinergis, dari aspek sosial, ekonomi, lingkungan, dan tata kelola. Menurutnya, salah satu perguruan tinggi yang telah mengimplementasikan SDGs dengan baik adalah UNAIR. 

Ia berharap UNAIR dapat melakukan internalisasi pelaksanaan SDGs melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik dalam bidang penelitian, pendidikan maupun pengabdian masyarakat. “Terus kembangkan SDGs Center agar berperan aktif dalam pelaksanaan SDGs di internal Perguruan Tinggi serta fasilitasi berbagai pemangku kepentingan, terutama pemerintah daerah,” tutur staf ahli Bappenas ini. 

Perlu diketahui, di hari pertama kegiatan berisi launching buku UNAIR SDGs series, seminar, dan talkshow tentang SDGs. Di hari kedua kegiatan berisi lomba policy brief. Adapun di hari ketiga kegiatan berisi pemilihan SDGs Ambassador dan sesi awarding bagi para pemenang. 

Penulis: Lady Khairunnisa Adiyani

Editor: Khefti Al Mawalia