Universitas Airlangga Official Website

Cerita Tias Menuju Pimnas dan Penghargaan Internasional

Heri Prasetyoning Tyas
Heri Prasetyoning Tias, Wisudawan Berprestasi S1 Fakultas Perikanan dan Kelautan

“Setiap mimpi belum sempurna sebelum tamat”

UNAIR NEWS – Heri Prasetyoning Tias, mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga (UNAIR), telah mengukir prestasi yang membanggakan. Terpilih sebagai wisudawan berprestasi, Tias merasa sangat bersyukur dan menganggap ini sebagai kesempatan besar untuk terus berbagi dan memberi manfaat.

“Predikat ini adalah anugerah yang tidak terhingga. Saya percaya ini berkat dukungan yang tak pernah putus dari orang-orang sekitar saya,” ungkapnya.

Selama masa studinya, Tias telah berhasil mencatat berbagai prestasi yang luar biasa. Ia pernah mendapat pendanaan Dikti selama tiga tahun berturut-turut dan juga memenangkan medali emas pada kategori presentasi dan perunggu pada kategori poster di PIMNAS 34.

Selain itu, bersama anggota timnya, Tias juga pernah meraih juara 2 pitch deck nasional dalam ajang kompetisi Hack A farm yang diselenggarakan oleh PT Indmira dan menyabet gold medal dan special award dalam ajang Japan Design, Idea, and Invention Expo (JDIE) 2023.

Tidak hanya di bidang akademik, Tias juga aktif dalam kegiatan sosial dan organisasi. Ia tergabung di Teens Go Green Indonesia, organisasi lingkungan tingkat nasional yang berfokus dalam pengembangan minat, pengetahuan, dan aksi cinta lingkungan. Sebagai pembicara dan mentor, ia sering berbagi ilmu tentang penulisan proposal dan edukasi lingkungan melalui platform digital.

Perjalanan Tias juga diiringi dengan kegiatan produktif di bidang penulisan kreatif dan penelitian. Keterlibatannya dalam proyek-proyek penelitian telah membuka kesempatan untuk magang selama satu semester di Universiti Malaysia Terengganu. Lebih lanjut, ia memperkaya pengalaman dengan kolaborasi lintas fakultas dan partisipasi dalam lomba inovasi di Jepang.

Tias juga aktif mengikuti berbagai perlombaan. Bersama anggota timnya, ia pernah

“Dengan prinsip dream pray, plan pray, do pray, saya telah melalui perjalanan yang menyenangkan dan berkesan. Semua pencapaian ini adalah buah dari kerja keras banyak orang. Saya berharap pengalaman ini dapat menginspirasi dan memberikan pelajaran bagi semua orang,” ujarnya.

Penulis: Aidatul Fitriyah
Editor: Edwin Fatahuddin