Universitas Airlangga Official Website

Analisis Teknik Pembesaran Udang Vaname di Unit Pelaksana Teknis Budidaya Air Payau dan Laut Bangil

Udang vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu komoditas budidaya di Indonesia yang terus berkembang pesat. Hal ini dikarenakan udang vaname mempunyai berbagai keunggulan dibandingkan jenis lainnya, antara lain pertumbuhannya cepat, dapat dibudidayakan dengan kepadatan tebar yang tinggi, toleran terhadap salinitas tinggi, ukuran panen relatif sama, dan relatif mudah untuk dibudidayakan. Budidaya udang vaname secara intensif tidak terlepas dari aspek kualitas air, pakan, dan potensi penyakit. Apabila kualitas air pada budidaya udang vaname tidak dikontrol dengan baik maka dapat menurunkan daya tahan tubuh udang dan menyebabkan kematian. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menangani udang yang terjangkit parasit adalah pengendalian kualitas air pada tambak budidaya intensif dan observasi komoditas udang vaname. UPT BAPL Bangil merupakan salah satu sentra pengembangan teknik budidaya udang vaname yang ternama di Jawa Timur, Indonesia. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilaksanakan analisis performa udang vaname di UPT BAPL Bangil.

Metode dan Hasil                                             

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pertambahan harian udang vaname di UPT BAPL Bangil sebesar 0,33 g/hari dengan peningkatan bobot masing-masing udang 15,7 g/ekor. Udang vanamei bisa dipanen di DOC (Day of Culture) 83 dengan hasil 193,5 kg dan ukuran 58 ekor perkilo di sana. Hal ini menunjukkan kinerja budidaya udang vaname yang baik di UPT BAPL Bangil. Performa yang bagus ini disebabkan oleh kegiatan sebelum penebaran, penebaran, pemeliharaan, manajamen pakan, dan manajemen kualitas udara yang baik di UPT BAPL Bangil.

Penulis: Syifania Hanifah Samara, S.Pi., M.Sc.

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di:

https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/1273/1/012066/pdf

Marista, M., Khatami, R. M., Santoso, J. C., Fauzi, M. H., & Samara, S. H. (2023, December). Analysis on intensive program of vaname shrimp (Litopenaeus vannamei) enlargement in the technical implementation unit of brackish and sea water cultivation (UPT BAPL) Bangil, Pasuruan Regency, East Java. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 1273, No. 1, p. 012066). IOP Publishing.