Universitas Airlangga Official Website

Arta Boga Ajak Mahasiswa Belajar Professional Manager

UNAIR NEWS – Arta Boga mendapatkan kesempatan mengajak audiens untuk bergabung dengan Arta Boga melalui program Management Training dalam paparannya di acara Airlangga Online Career Fair (AOCF) pada Rabu (16/3/2022). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni (DPKAA) UNAIR tersebut dilaksanakan secara online melalui platform zoom meeting dan streaming youtube

Supervisor Arta Boga, Afridianti Gabriella mengungkapkan bahwa Artaboga merupakan perusahaan distributor tunggal dari Orang Tua Group. Mambawa visi Go Beyond, Artaboga memiliki misi untuk membangun kerja sama yang kuat dengan memberikan produk dan layanan terbaiknya serta berupaya untuk menggali potensi anak bangsa sebagai upaya peningkatan kekayaan negeri. 

“Selain itu, Artaboga merupakan distributor tunggal Orang Tua Group sejak tahun 1995, dan terus memperkuat jaringan di pasar tradisional maupun modern sesuai visi misi kami,” ungkapnya.   

Berkaitan dengan karir di Arta Boga, Gabriella menjelaskan bahwa Arta Boga memiliki program fast track career berupa management trainee. Management trainee merupakan sistem perekrutan karyawan dengan pelatihan dan pengembangan diri dengan pengawasan manajer atau eksekutif perusahaan, sebagai upaya memperoleh pengetahuan penting terkait perusahaan agar dapat menjadi pemimpin di masa mendatang. 

“Pemimpin yang akhirnya bisa berkarir di perusahaan tersebut,” jelasnya.   

Rangkaian program management trainee Arta Boga, sambung Gabrielle, terbagi menjadi 3 tahap meliputi classroom selama 1 – 12 hari, on the job training selama 2 hingga 2,5 bulan, dan fixed placement atau penempatan. Nantinya seluruh peserta management trainee akan mendapatkan kelas mengenai bisnis Artaboga, selain itu hardskill dan softskill menjadi poin pembelajaran penting didalamnya.  

“Nantinya akan diajarkan materi dari segi kepemimpinan, public speaking, komunikasi selama classroom 12 hari,” jelasnya.

Kemudian dilanjutkan dengan on the job training, yang nantinya seluruh peserta akan ditempatkan di sektor tersebut untuk belajar secara langsung di lokasi yang dituju. Selain belajar, seluruh peserta nantinya akan diawasi dan dibimbing oleh manajer atau pimpinan sektor tersebut selama 2 bulan. Selanjutnya yaitu fixed placement atau penempatan tempat kerja dan diangkat sebagai karyawan tetap Artaboga.   

“Namun ada beberapa tantangan yang perlu disiapkan meliputi perjuangan pendaftaran dan proses masuk yang panjang, tuntutan belajar yang cepat, kontrak yang mengikat dan lokasi kerja yang berpindah-pindah.,” pesannya.

Penulis : Ananda Wildhan Wahyu Pratama

Editor : Khefti Al Mawalia