Universitas Airlangga Official Website

Inovasi Ekstrak Biji Selasih, Tim PKM FKG UNAIR Lolos Pendanaan

Tim FKG UNAIR (Dok Pribadi)

Unair News: Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Riset Eksakta Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil lolos pendanaan dari KEMENDIKBUDRISTEK melalui inovasi pengobatan melalui ekstrak biji selasih.

Tim ini beranggotakan Prita Margaretha Manik, Akalusyamoktika Sasmikirana, Romli Nugraha, Fahira Zainal Arifin, dan Shifa Maharani. Atas keberhasilan ini, mereka menyampaikan terima kasih atas bimbingan dan dukungan dari dosen pembimbing, Sisca Meida Wati drg MKes PhD Sp PMM.

Ide pembuatan PKM-RE ini berawal dari semakin tingginya angka penderita diabetes pada kalangan muda. Penderita diabetes kerap kali menderita xerostomia atau sensasi mulut kering. Pasien yang menderita xerostomia sering mengalami kesulitan berbicara, mengunyah, dan menelan makanan. Permasalahan-permasalahan itu akan secara bertahap dapat menurunkan kualitas hidup mereka secara signifikan.

Proses riset berawal dari ekstrak biji selasih, pembuatan formulasi, hingga melakukan beberapa analisis. Tim menghadapi berbagai tantangan, seperti mempersiapkan bahan dan mencari laboratorium yang menyediakan pengujian yang mereka perlukan. Kendati demikian, tim tetap bekerja keras untuk menyukseskan riset ini.

Tim PKM-RE FKG UNAIR berharap bahwa inovasi mereka dapat memberikan solusi baru dalam menghasilkan formulasi artificial saliva yang efektif untuk membantu pasien xerostomia. Khususnya para penderita diabetes. 

Ketua tim, Prita Margaretha Manik berkata bahwa timnya bertekad untuk terus mengembangkan riset demi memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat. “Kami berharap hasil riset ini nantinya dapat direalisasikan dan bermanfaat. Kami berterima kasih atas semua dukungan yang telah kami terima,” ujarnya. 

Dengan semangat dalam berinovasi, Tim PKM-RE FKG UNAIR terus berupaya untuk memberikan kontribusi positif dalam dunia kesehatan, khususnya dalam membantu pasien yang mengalami xerostomia. Pendanaan yang mereka terima dari KEMENDIKBUDRISTEK menjadi langkah awal yang penting bagi tim untuk mencapai tujuan ini.

Penulis: Tim PKM

Editor: Edwin Fatahuddin Ariyadi Putra

Baca Juga: Tim PKM FST Atasi Isu Kriminalitas dengan Pendekatan Machine Learning