Universitas Airlangga Official Website

Jadi Tuan Rumah, UNAIR Siap Sukseskan ASEAN University Games

Universitas Airlangga Kampus MERR-C (Foto: Humas UNAIR)
Universitas Airlangga Kampus MERR-C (Foto: Humas UNAIR)

UNAIR NEWS – ASEAN University Games (AUG) 2024 akan segera digelar dengan Indonesia sebagai tuan rumah. Kompetisi olahraga mahasiswa se-Asia Tenggara ini akan diikuti oleh negara-negara yang berada di bawah ASEAN University Sport Council (AUSC). Seperti halnya Indonesia, Thailand, Myanmar, Singapura, Filipina, Malaysia, Kamboja, Laos, Vietnam, Brunei, dan Timor Leste. 

Setidaknya ada sembilan perguruan tinggi yang akan menjadi tempat terselenggaranya acara dua tahunan itu. Di antaranya adalah Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Surabaya (Ubaya), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Surabaya. Sementara itu, di Malang, AUG akan berlangsung di Universitas Islam Malang (UNISMA), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Terpilih menjadi tuan rumah, sejumlah persiapan telah UNAIR lakukan. Melalui Direktur Kemahasiswaan UNAIR Prof Dr M Hadi Subhan SH MH CN, UNAIR menyatakan kesiapannya dalam mendukung kesuksesan AUG 2024 pada 25 Juni hingga 6 Juli mendatang. “Alhamdulillah, kami sudah menyiapkan sarana dan prasarana secara koordinatif dengan kepanitiaan nasional,” tutur Prof Hadi.

Direktur Kemahasiswaan UNAIR, Prof Dr M Hadi Shubhan SH MH CN (Foto: PKIP UNAIR)
Direktur Kemahasiswaan UNAIR, Prof Dr M Hadi Shubhan SH MH CN (Foto: PKIP UNAIR)

Nantinya, UNAIR akan menjamu enam negara yang akan berlaga pada cabang olahraga (cabor) judo dan basket 3×3. Kedua cabor ini masing-masing akan terlaksana di Airlangga Convention Center (ACC) dan Gedung Olahraga (GOR), Kampus MERR-C UNAIR. “Ini menjadi kegiatan internasional karena melibatkan beberapa negara di Asia Tenggara. Dua cabang ini nantinya akan diikuti oleh enam negara,” tambahnya.

Menjadi tuan rumah AUG adalah kali pertama bagi UNAIR. Untuk itu, kata Prof Hadi, segala persiapan telah UNAIR lakukan selama hampir satu tahun. UNAIR juga telah melakukan koordinasi dengan instansi lain yang terlibat dalam gelaran akbar ini.

“UNAIR mendapatkan tugas dari kementerian sebagai salah satu host (tuan rumah) AUG khususnya untuk cabor judo dan basket 3×3. Persiapannya sudah lama, sudah hampir setahun,” jelas Prof Hadi.

Prof Hadi berharap, gelaran AUG akan berjalan lancar tanpa kendala. Terlebih, UNAIR tidak hanya berdiri atas nama perguruan tinggi, melainkan atas nama Indonesia. “Di sini, kita membawa nama baik Indonesia, tidak hanya UNAIR. Untuk itu, kita akan bersungguh-sungguh dan berharap kegiatannya akan berjalan lancar. Sejauh ini sudah secara maksimal dan tidak ada kendala berarti selama persiapan AUG,” tuturnya.

Penulis: Yulia Rohmawati