Universitas Airlangga Official Website

UKM BIDANG KEROHANIAN

Kembangkan Minat dan Bakatmu!

Universitas Airlangga memiliki lebih dari 60 unit pengembangan kepemimpinan (Leadership) dan organisasi mahasiswa. Kelompok ini tersebar dalam lingkup oraganisasi, mulai program studi, fakultas, sampai dengan universitas. Termasuk di dalamnya terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

UKM merupakan sebuah wadah pengembangan softskill mahasiswa berdasar minat dan bakat. Terdapat 5 pengelompokan UKM yang ada di UNAIR. Yakni. UKM Bidang Khusus terdiri atas 6 organisasi, UKM Bidang Seni dengan 8 organisasi, UKM Bidang Olahraga terdiri atas 13 organisasi, UKM Bidang Bela Diri dengan 9 organisasi, serta UKM Bidang Kerohanian terdiri atas 5 organisasi.

 

1. UKM Islam

UKM Kerohanian Islam merupakan wadah aktivitas kemahasiswaan dalam pengembangan kerohanian Islam di lingkungan kampus dan sivitas akademika. UKM ini juga memfasilitasi berbagai kegiatan pembinaan kampus dan sarana belajar yang berfokus pada nilai-nilai Islam.

2. UKM Kristen

Unit Kerohanian Kristen Universitas Airlangga merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang kerohanian dan memfasilitasi mahasiswa UNAIR khususnya yang beragama Kristen. Kegiatan yang dilakukan oleh UKM ini tidak hanya berfokus pada kegiatan peribadatan/kerohanian, namun juga kegiatan yang dapat mengembangkan minat dan bakat mahasiswa Kristen UNAIR, serta kegiatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar lintas suku, agama dan ras.

3. UKM Hindu Dharma

UKMKHD UNAIR merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa di Universitas Airlangga yang mewadahi mahasiswa Hindu Universitas Airlangga untuk beraktifitas dengan berpedoman pada ajaran agama Hindu sesuai dengan peran dan fungsinya sebagai civitas akademika UNAIR. UKMKHD UNAIR memiliki visi yaitu membangun solidaritas dan integritas komponen Hindu Universitas menuju Keluarga Hindu yang menunggal, menyeimbangkan konsep Tri Hita Karana dalam lingkup UKMKHD untuk membangun organisasi yang harmonis, kondusif, dan peduli.

4. UKM Buddha

Unit Kerohanian Buddha Universitas Airlangga merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang kerohanian dan memfasilitasi mahasiswa UNAIR khususnya yang beragama Buddha. Kegiatan yang dilakukan oleh UKM ini tidak hanya berfokus pada kegiatan peribadatan/kerohanian, namun juga kegiatan yang dapat mengembangkan minat dan bakat mahasiswa Buddha UNAIR, serta kegiatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar lintas suku, agama dan ras.

5. UKM Katolik

UKM Katolik atau yang disebut dengan KMK Santo Aloysius Gonzaga merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang kerohanian dan memfasilitasi mahasiswa UNAIR khususnya yang beragama Katolik. Kegiatan yang dilakukan oleh UKM ini tidak hanya berfokus pada kegiatan peribadatan/kerohanian, namun juga kegiatan yang dapat mengembangkan minat dan bakat mahasiswa Katolik UNAIR, serta kegiatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar lintas suku, agama dan ras.