Universitas Airlangga Official Website

Delegasi FH UNAIR Raih Juara I dan Best Speaker Debat Hukum Nasional

Foto bersama Delegasi FH UNAIR dengan Prof. Jimly Ashdiqqie. (Foto: Istimewa)
Foto bersama Delegasi FH UNAIR dengan Prof. Jimly Ashdiqqie. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH UNAIR) raih juara I dan Best Speaker Indonesian Law Debate Competition (ILDC) 2024 yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia. Mereka terdiri dari Cahyaning Puspita Nusantara selaku ketua delegasi, Jane Natasha, Christhalia E. Tanra, Karine Luisa Hartono, Gabriella Novena, Cornelius Mathew Wijono. Mereka mengusung tema Gelora Kontestasi Gagasan dalam Transformasi Hukum sebagai Langkah menuju Babak Baru Indonesia Emas. 

“Kami melakukan persiapan mulai Februari, mulai babak penyisihan 23 Maret 2024 yang terdiri dari 24 tim dilaksanakan melalui zoom meeting, hingga pada babak final 21 April 2024 tersisa 2 tim secara offline. Banyak sekali materi yang harus kami persiapkan, mengingat berbagai macam bidang hukum di antaranya seperti hukum ruang angkasa, hukum teknologi dan kesehatan, dan hukum perdagangan internasional,” ucap Cahyaning.

Menurut ketua delegasi ILDC 2024 FH UNAIR tersebut menyatakan bahwa ini bukan kali pertama debat hukum nasional yang diikuti oleh delegasi FH UNAIR. Kompetisi debat hukum yang diselenggarakan oleh FH UI tersebut memiliki aliran hukum yang berbeda dengan FH UNAIR.

Cahyaning mengungkapkan bahwa terdapat tiga aspek penilaian untuk menjadi juara I dan best speaker, yakni materi, penyampaian bahasa, metode solusi yang ditawarkan ketika berdebat. Ketiga aspek penilaian tersebut menjadi kunci utama yang mengantarkan delegasi FH UNAIR berada di posisi saat ini.

“Kami senang dan bersyukur meraih juara I sekaligus Christhalia E. Tanra menjadi best speaker dalam kompetisi debat kali ini, mengingat banyak sekali tantangan yang kami lewati untuk mencapai posisi ini. Kami juga berterima kasih kepada dosen FH UNAIR sekaligus berbagai pihak yang terlibat membantu kami mempersiapkan lomba ini,” ungkapnya. 

Ia menyampaikan tips and trik untuk berani ikut dalam perlombaan, yakni harus percaya diri serta mempersiapkan substansi materi yang akan diperlombakan. Tidak lupa juga untuk berdoa agar usaha yang dilakukan membuahkan hasil yang memuaskan.

Penulis : M. Akmal Syawal

Editor : Khefti Al Mawalia