Universitas Airlangga Official Website

Mahasiswa UNAIR Juara III Kejuaraan Pencak Silat Ngawi National Championship

Muhamad Rigel Yoga Pratama, mahasiswa FST UNAIR meraih juara III dalam kejuaraan pencak silat Ngawi National Championship pada Minggu (03/12/2023). (Foto: Istimewa)
Muhamad Rigel Yoga Pratama, mahasiswa FST UNAIR meraih juara III dalam kejuaraan pencak silat Ngawi National Championship pada Minggu (03/12/2023). (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) tiada hentinya mempersembahkan prestasi membanggakan bagi almamater. Dia adalah Muhamad Rigel Yoga Pratama, mahasiswa program studi Teknik Lingkungan, Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Pada Minggu (03/12/2023), ia berhasil menyabet juara III Kelas Open 1 dalam kejuaraan pencak Silat Ngawi National  Championship 1, Harimau Muda Kemenpora.

“Saya sangat senang bisa mendapatkan penghargaan ini karena saya masih pemula dan baru terjun ke dunia pencak silat. Perolehan medali perunggu ini merupakan berkat dari dukungan orang tua dan para pelatih yang sudah bekerja keras,” terang Rigel kepada UNAIR NEWS. 

Rigel menuturkan bahwa untuk meraih prestasi tersebut tidaklah mudah. Ia harus mempersiapkan fisik dan mental serta mengikuti latihan yang intens bersama rekan-rekannya di UKM Merpati Putih. Terlebih, ia merupakan seorang pemula sehingga ia harus beradaptasi dan belajar banyak hal. Namun berkat ketangguhan dan ketekunannya, ia dan tim dapat menjalani proses latihan dengan lancar. 

Rigel mengatakan bahwa hasil kejuaraan tersebut bukan hanya karena kerja keras ia dan tim, melainkan juga kerja keras pelatih. Ia sangat berterima kasih karena pelatihnya telah bersedia melatih ia dan tim mulai dari 0. Selain itu, pelatihnya juga selalu menekankan bahwa selain usaha berupa latihan, doa menjadi hal yang utama untuk bisa meraih juara. 

Tim UKM Merpati Putih UNAIR dalam kejuaraan pencak silat Ngawi National Championship. (Foto: Istimewa)

“Setelah berulang kali mendengarkan apa yang pelatih katakan, hasil pertandingan yang kami dapatkan menjadi tidak main-main. Bagi kami yang masih pemula, hasil yang kami dapatkan saat pertandingan sangat di luar ekspektasi,” ujar mahasiswa asal Bandung itu. 

Terakhir, Rigel berharap prestasi tersebut menjadi langkah awal ia dan rekan-rekannya di UKM Merpati Putih untuk terus mendulang berbagai prestasi di kancah nasional selanjutnya. Dengan demikian, UKM Merpati Putih dapat menjadi salah satu UKM yang dapat mengharumkan nama almamater Universitas Airlangga (UNAIR). 

“Harapannya, semoga hasil yang saya dapatkan di kejuaraan kali ini bukan yang terakhir, tetapi awal bagi saya untuk juara di event-event kejuaraan lainnya,” tutupnya. 

Sebagai informasi, keterlibatan dalam kejuaraan pencak silat Ngawi National Championship 1 tahun ini menjadi langkah awal bagi UNAIR setelah sekian lama vakum. Rigel berkata, UNAIR terakhir kali terlibat dalam kejuaraan ini pada tahun 2018. Setelahnya, UNAIR tidak turut bertanding lagi karena dampak pandemi Covid-19. (*)

Penulis: Rafli Noer Khairam

Editor: Khefti Al Mawalia