fbpx

Universitas Airlangga Official Website

Malam Puncak Gelora Pentas Rakyat BEM FISIP sebagai Wadah Apresiasi Seni

Pembukaan acara dengan penampilan tari remo. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – BEM FISIP gelar pentas seni pada malam puncak Gelora Pentas Rakyat (GPR). Acara tersebut terlaksana pada Minggu (19/11/2023) dan bertempat di Balai Budaya Surabaya. Rangkaian kegiatan dalam pentas seni tersebut meliputi penampilan tari remo, penampilan band, dan teater “Nuraga”. 

Gelora Pentas Rakyat (GPR) merupakan program kerja tahunan dari Kementerian Seni dan Budaya BEM FISIP UNAIR. Acara tersebut menjadi wadah bagi mahasiswa yang tertarik dalam bidang seni karena terdapat rangkaian lomba seperti lomba band, lomba desain grafis, lomba fotografi, dan lomba modern dance. 

Ketua pelaksana Gelora Pentas Rakyat, Artanti Indira menyebutkan dalam sambutannya bahwa acara itu bukan hanya sekadar pentas seni mahasiswa saja. “Gelora Pentas Rakyat bukan hanya pentas seni yang digelar oleh mahasiswa tapi juga sebagai wadah untuk para pecinta seni,” jelas Artanti. 

Artanti juga menyampaikan bahwa Gelora Pentas Rakyat merupakan salah satu program unggulan dari BEM FISIP UNAIR. Penyelenggaraan acara itu, lanjutnya, memakan banyak waktu dan tenaga dari panitia penyelenggara sehingga berharap semoga dapat memenuhi ekspektasi dari para penonton yang datang. 

“Saya sebagai perwakilan dari panitia yang bertugas berharap agar seluruh rangkaian acara pada pagi hari ini dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, melihat antusias dari penonton yang datang pada malam ini, saya juga berharap nantinya acara ini dapat memenuhi ekspektasi dan membuat orang-orang yang hadir puas dengan karya yang kami buat,” papar Artanti.

Selain ketua pelaksana GPR 2023, Presiden BEM FISIP yaitu Aulia Thaariq Akbar turut memberikan sambutan dan pujian terkait pelaksanaan kegiatan tersebut. “GPR tahun ini sukses terbukti dengan banyaknya penonton yang hadir pada malam hari ini,” ujar Aulia Thaariq dalam sambutannya. 

Dalam paparannya, melalui acara Gelora Pentas Rakyat ini, BEM FISIP konsisten mengapresiasi pelaku bidang seni. “BEM FISIP memiliki perhatian khusus pada kegiatan yang berkaitan dengan seni budaya. Kami mewujudkannya dengan diskusi-diskusi dan menggelar acara seperti Gelora Pentas Rakyat ini,” ungkap Aulia.

Selain itu, salah satu mahasiswa UNAIR yaitu Alifia Rizky mengungkapkan kesan setelah menonton pertunjukan hingga usai. Ia menyampaikan bahwa pertunjukan yang tertampilkan sepanjang acara Gelora Pentas Rakyat sangat menarik dan mengundang decak kagum dari penonton. 

“Acaranya keren banget. Sejak awal kita sudah disuguhkan dengan hal-hal berbau budaya seperti penampilan tari, kemudian ada penampilan band yang juga seru. Selain itu, ada penampilan utama yaitu teater “Nuraga” yang keren banget buat kita nostalgia ke masa SMA,” ungkap Alifia dalam wawancaranya.

Penulis: Adinda Aulia Pratiwi

Editor: Nuri Hermawan