Universitas Airlangga Official Website

Membuka Rahasia Bisnis Berbasis Kecerdasan Buatan

Ilustrasi strategi bisnis (sumber: connectnigeria.com)

Dalam era transformasi digital dan Big Data, penting untuk menggali potensi bisnis dari berbagai kemampuan bisnis yang mungkin terkandung dalam deskripsi banyak perusahaan-perusahaan. Sebuah penelitian terkini yang diterbitkan oleh IEEE, berjudul “Intelligent-Based Extraction of Business Capabilities from Company Descriptions,” membuka pintu menuju era baru dalam pemahaman kemampuan bisnis suatu organisasi.

Informasi tentang kemampuan bisnis bukan lagi sekadar keinginan, melainkan salah satu kebutuhan mutlak. Dalam sebuah dunia bisnis yang terus berkembang, memiliki wawasan mendalam tentang kekuatan dan kompetensi suatu organisasi dapat menjadi kunci utama mencapai sukses. Bagi para pemangku kepentingan seperti investor, mitra potensial, dan analis pasar, informasi ini menjadi fondasi untuk membuat keputusan strategis yang tepat.

Penelitian tersebut mengambil pijakan dari metode konvensional seperti pencocokan kata kunci dan teknik berbasis aturan yang sering kali memiliki keterbatasan. Sebaliknya, pendekatan yang diusulkan dalam penelitian tersebut merinci ekstraksi kemampuan bisnis dari deskripsi perusahaan dengan teknik pemrosesan bahasa alami (NLP) yang berbasis dependency parsing.

Dependency parsing merupakan sebuah teknik canggih yang digunakan dalam penelitian ini, memanfaatkan model bahasa yang dilatih sebelumnya untuk menganalisis struktur gramatikal dari kalimat. Dengan demikian, model ini mampu mengidentifikasi dependensi antar kata dan secara akurat menangkap hubungan kompleks di antara kata-kata tersebut, yang sering kali terlewatkan oleh metode konvensional.

Keefektifan pendekatan yang ditawarkan oleh penelitian tersebut dibuktikan melalui serangkaian eksperimen yang dilakukan pada lebih dari 40 ribu deskripsi perusahaan yang diperoleh dari Wikipedia. Hasilnya tidak hanya menunjukkan peningkatan signifikan dalam akurasi ekstraksi kemampuan bisnis, tetapi juga menggambarkan kemampuan teknologi ini untuk menavigasi kompleksitas dan keragaman data yang ada.

Penelitian tersebut bukan hanya memberikan inovasi dalam ekstraksi kemampuan bisnis, tetapi juga membuka pintu menuju era baru pemahaman bisnis. Dengan teknologi ini, organisasi dapat mengidentifikasi keunggulan kompetitif, melacak tren industri, merespons potensi gangguan, dan mengalokasikan sumber daya secara efektif. Dengan kata lain, ini bukan hanya tentang meningkatkan efisiensi, tetapi juga membuka peluang baru untuk merumuskan strategi yang lebih baik dan mendapatkan posisi lebih baik di pasar.

Dengan demikian, penelitian tersebut bukan hanya tentang menghadirkan metode baru dalam ekstraksi informasi, melainkan juga mengubah paradigma kita terhadap cara kita melihat dan memanfaatkan data bisnis. Ke depannya, teknologi ini dapat menjadi katalisator untuk penemuan dan pengoptimalan bisnis yang lebih mendalam, membawa kita menuju pemahaman yang lebih holistik dan mendalam tentang potensi bisnis yang terkandung dalam setiap kata di dalam deskripsi perusahaan.

Penulis: Faisal Fahmi, S.Pd., M.Sc., Ph.D.