Universitas Airlangga Official Website

Tren dan Prospek Digital Marketing pada UKM

Ilustrasi Digital Marketing (sumber: INDI)

Tim riset gabungan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga dan Universiti Putra Malaysia baru-baru ini telah mempublikasikan penelitian pada jurnal internasional bereputasi Cogent Business & Management Volume 11, Issue 1, tahun 2024. Studi ini berjudul ‘An in-depth analysis of digital marketing trends and prospects in small and medium-sized enterprises: utilizing bibliometric mapping’ memberikan analisis mendalam dan komprehensif mengenai evolusi dan fokus riset terkini terkait prospek digital marketing pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM). 

Tim peneliti FEB UNAIR terdiri dari Prof. Dr. Nisful Laila, SE., M.Com., Puji Sucia Sukmaningrum, SE., CiFP., Luthfi Nur Rosyidi, SE., MM., Indah Rahmawati, S.EI., dengan mitra dari Universiti Putra Malaysia, yaitu Dr. Wan Azman Saini Wan Ngah. Tujuan utama dari studi ini adalah melakukan pemetaan literatur terkait prospek digital marketing pada UKM melalui analisis bibliometrik dan studi kasus. Dalam studi ini, tim riset melakukan analisis terhadap 699 publikasi ilmiah yang terindeks dalam basis data Scopus, mencakup periode dari tahun 1985 hingga 2024. 

Penelitian ini juga merupakan luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat yang mengusung tema “Empowerment of MSMEs From Creative Economy Sector Affected by The Covid-19 Pandemic in Gresik Through A Technical Guidance Program”. Program ini mendapat pendanaan dari World University Association for Community Development (WUACD) Universitas Airlangga, yang bertujuan untuk memberdayakan UKM di sektor ekonomi kreatif yang terdampak pandemi COVID-19 melalui program bimbingan teknis.

Dalam studi ini, analisis tematik yang memiliki studi kasus berhasil mengidentifikasi beberapa area baru, seperti commerce, marketing, digital transformation, costs, serta dampak dari Covid-19 pada praktik digital marketing UKM, yang menawarkan wawasan dan rekomendasi mengenai arah riset dengan topik terkait di masa depan. Peran UKM dalam pengembangan ekonomi global terkini semakin signifikan dari waktu ke waktu, yang menyumbang hingga 80% dari pertumbuhan ekonomi global (Amjad, 2022; Westgren & Wuebker, 2019). Namun, tantangan yang pengusaha UKM hatapi cukup besar, terutama dalam hal pemasaran. Dengan globalisasi dan penetrasi internet, pasar kini menjadi lebih terbuka dan kompetitif, membuat pemasaran digital menjadi kunci penting.

Pemasaran digital telah menjadi lebih populer seiring dengan penyebaran luas penggunaan internet dan perangkat digital. Hal ini memungkinkan pengukuran yang lebih akurat mengenai efektivitas kampanye pemasaran, memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan strategi mereka dan meningkatkan pengembalian investasi. Aspek kunci dari pemasaran digital adalah penggunaan data dan analitik untuk memahami perilaku dan preferensi konsumen, yang dapat dikumpulkan melalui berbagai saluran digital.

Studi ini juga mengungkap bahwa pemasaran digital mencakup berbagai saluran dan teknik, seperti engine optimization (SEO), pay-per-click (PPC) advertising, email marketing, social media marketing dan mobile marketing. Setiap saluran memiliki keunggulan uniknya sendiri dan membutuhkan strategi serta taktik yang berbeda. Secara keseluruhan, pemasaran digital telah merevolusi cara bisnis UKM mempromosikan produk dan layanan mereka, menawarkan berbagai alat dan saluran untuk menjangkau dan melibatkan konsumen, memungkinkan bisnis untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan mereka dan mendorong pertumbuhan serta profitabilitas.

Selain itu, penelitian ini menyoroti penggunaan alat analisis bibliometrik dalam menyediakan retrospeksi literatur yang ada mengenai pemasaran digital dalam UKM. Analisis bibliometrik dilakukan dengan menggunakan 2 tools, yaitu VOSviewer dan Biblio Shiny “R-Studio”. Dengan menggunakan metodologi gabungan ini memberikan kekuatan analitis dan memungkinkan studi ini untuk menyajikan pemeriksaan yang mendalam dan multifaset atas dataset. Studi ini tidak hanya mengukur tren dalam literatur yang dipublikasikan tetapi juga mengevaluasi secara kualitatif melalui tinjauan literatur yang komprehensif dan memberikan analisa studi kasus terkini melalui content analysis. Pendekatan ini memberikan wawasan yang signifikan untuk kalangan akademis dan praktisi, menawarkan perspektif unik terhadap peran pemasaran digital dalam konteks UKM. 

Dengan menyoroti bahwa praktik pemasaran digital terus berkembang seiring waktu, studi ini berusaha mengisi gap dengan meng-highlight arah masa depan riset terkait pemasaran digital di UKM melalui perspektif baru. Meskipun penelitian ini hanya mengandalkan data yang terindeks di Scopus, kontribusinya tetap signifikan dalam memahami pemasaran digital di UKM, menyoroti area penting untuk eksplorasi dan pengembangan lebih lanjut.

Informasi detail dari riset ini terdapat pada tulisan kami di:

https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23311975.2024.2336565

Laila, N., Sucia Sukmaningrum, P., Saini Wan Ngah, W.A., Nur Rosyidi, L., & Rahmawati, I. (2024). An in-depth analysis of digital marketing trends and prospects in small and medium-sized enterprises: utilizing bibliometric mapping. Cogent Business & Management.