Universitas Airlangga Official Website

Tutor Anatomi Veteriner yang Menjalani Berbagai Peran Sekaligus  

Almer Lutfi Muhammad
Almer Lutfi Muhammad, Wisudawan Terbaik S1 Kedokteran Hewan yang aktif jadi tutor anatomi veteriner (foto: dok pribadi)

“Fokuslah terhadap orang-orang yang tulus menyayangimu dan jangan pernah takut untuk mencoba.” 

UNAIR NEWS –  Raut kebahagiaan datang dari salah satu Mahasiswa Kedokteran Hewan Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran dan Ilmu Alam (FIKKIA) UNAIR Banyuwangi, Almer Lutfi Muhammad. Pasalnya, ia meraih gelar sebagai Wisudawan Berprestasi pada Wisuda periode 241. Mahasiswa angkatan 2020 ini berhasil diwisuda setelah menjalani perkuliahan selama kurang lebih 3,5 tahun. 

Ia mengaku ada banyak hal berkesan selama menjadi mahasiswa salah satunya adalah kesibukannya di Semester 7. Mahasiswa yang menyabet lebih dari 1000 Satuan Kredit Prestasi ini mengungkapkan bahwa ia menjalani berbagai peran sekaligus. Seperti menjadi mahasiswa, bekerja full time sebagai resepsionis di salah satu homestay, work from home, dan menjadi tutor anatomi veteriner.  

“Meskipun cukup pusing dan mendapatkan sedikit waktu istirahat karena dalam waktu bersamaan tapi hal itu menjadi yang paling membuat rindu. Suasana hectic yang ingin saya ulangi,” ungkapnya. 

Ia mengatakan bahwa terdapat kesulitan selama perkuliahan. Tetapi ia selalu berprinsip bahwa setiap permasalahan akan selesai pada ujungnya cepat atau lambat. Ia meyakini apapun yang terjadi tetaplah tenang. Cukup berusaha semaksimal mungkin dan mengiringi masalah apapun dengan berdoa. 

Menurutnya, orang tua senantiasa mendoakan dan mengusahakan yang terbaik untuk setiap jalan yang Almer pilih. Selain itu, teman-temannya juga turut mendorong ia dalam berbagai pencapaian saat ini. 

“Hal paling membanggakan adalah saat meraih Juara Favorit Solo Vocal Veteriner Cup UGM yang kemudian mencapai viewers yang cukup banyak. Orang tuaku memutar video itu hampir setiap waktu di rumah dan membanggakan hal tersebut pada teman-temannya. Menurutku itu menjadi kebanggaan tersendiri ketika mereka bangga, aku pun juga ikut bangga,” ungkapnya. 

Alumni Pengurus Besar Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia ini mengaku telah mendapatkan banyak pengalaman bersama teman-teman sesama calon dokter hewan selama berproses. “Aku akan selalu memberikan usaha maksimalku kepada orang-orang yang tulus menyayangiku bahkan seberapapun sulit dan keras usaha yang aku lakukan karena orang yang menyayangiku pun juga sudah berusaha untukku. Dan satu lagi, life is never flat, dalam hidup pasti akan ada banyak masalah yang dihadapi, tetaplah jalani, hadapi dengan tenang dan senyuman,” pungkasnya.

Penulis: Ilma Arrafi N
Editor: Khefti Al Mawalia