Universitas Airlangga Official Website

UNAIR Gelar Sosialisasi Program Beasiswa LPDP

UNAIR NEWS – Melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menggelar sosialisasi beasiswa di Universitas Airlangga (UNAIR). Sosialisasi tersebut berlangsung pada Jumat (21/6/2024) di Aula Candradimuka Gedung Nano Kampus Merr C UNAIR. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran dan informasi terkait beasiswa LPDP kepada mahasiswa, mengingat UNAIR adalah salah satu top tujuan perguruan tinggi dalam negeri.

Sejumlah pimpinan hadir dalam sosialisasi tersebut. Rektor UNAIR Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak, anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurniawati SE MM, dan Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto SE MA PhD memberi sambutan dalam pembukaan kegiatan tersebut. Sementara itu, Direktur LPDP Ir Dwi Larso MSIE PhD memaparkan materi sosialisasi program beasiswa LPDP kepada para peserta.

Dwi Larso mengatakan, peningkatan pendidikan dan sumber daya manusia merupakan salah satu upaya utama dalam mencapai Indonesia Maju 2024. Oleh karena itu, pemerintah berupaya untuk menjamin pendanaan pendidikan, terutama pendidikan tinggi lanjutan melalui LPDP.

LPDP menyediakan beasiswa pendidikan tinggi lanjutan di 300 perguruan tinggi unggulan baik di dalam maupun luar negeri. Beasiswa LPDP membuka jalan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk mengenyam pendidikan tinggi berkualitas melalui berbagai dukungan yang komprehensif. Dengan menyediakan pembiayaan penuh, mulai dari biaya kuliah hingga tunjangan hidup dan biaya penelitian, LPDP memastikan bahwa para penerima beasiswa dapat fokus sepenuhnya pada studi mereka tanpa beban finansial.

“Beasiswa LPDP ini mencakup dana pendidikan termasuk uang pendaftaran hingga bantuan publikasi, dana pendukung seperti biaya hidup, transportasi, dan asuransi, serta biaya pendukung tambahan bagi penyandang disabilitas. Jadi sudah lengkap, tidak perlu memikirkan masalah finansial,” ungkapnya terkait pendanaan program beasiswa LPDP.

Disisi lain, ia pun mengungkapkan harapan bahwa penerima beasiswa mampu berkontribusi kembali kepada bangsa setelah menyelesaikan studi. LPDP akan memberi dorongan untuk terlibat dalam proyek-proyek riset yang berdampak signifikan, baik secara nasional maupun internasional. Dengan fokus yang kuat pada riset dan inovasi, LPDP berkomitmen untuk menciptakan generasi pemimpin masa depan yang berkompeten dan berdedikasi dalam memajukan negara.

Melalui sosialisasi program beasiswa ini, Dwi Larso bermaksud mengarahkan dan mengajak peserta untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Para peserta pun menyambut ajakan tersebut dengan antusias. Beberapa di antaranya menunjukkan semangat terhadap studi lanjut dengan mengajukan pertanyaan terkait mekanisme pendaftaran beasiswa secara lebih lanjut. Dwi Larso menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara komprehensif untuk menyakinkan bahwa kesempatan studi lanjut terbuka lebar bagi para peserta.

Penulis: Elsa Hertria Putri

Editor: Khefti Al Mawalia