Universitas Airlangga Official Website

Mengenal Teknologi Sains Data FTMM Universitas Airlangga

Sains data merupakan salah satu program studi baru yang menarik banyak perhatian calon mahasiswa saat ini. Hal tersebut tidak terlepas dari prospek kerja yang sangat cemerlang. Awalnya, sains data merupakan turunan dari statistika. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu sains data menjadi gabungan dari beberapa bidang ilmu pengetahuan, seperti matematika, statistika, rekayasa perangkat lunak, ekstraksi data, dan programming. Sains data sendiri merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang data, termasuk data numerik, data terstruktur, dan data tidak terstruktur. Melalui program studi ini, mahasiswa akan melakukan pengumpulan data untuk selanjutnya diolah dan disajikan sebagai informasi yang dibutuhkan pada pengambilan keputusan sehingga lebih tepat guna dan tepat sasaran.

Sains data terdiri dari lima konsentrasi, meliputi data engineering, data mining, machine learning, deep learning, dan data visualization. Data Engineering merupakan proses pengelolaan arsitektur data. Kedua, Data Mining, pengambilan informasi penting dari big data. Ketiga, Machine Learning, pembelajaran yang dilakukan oleh mesin. Keempat, Deep Learning, machine learning algoritma dari otak manusia. Terakhir, Data Visualization, menerjemahkan data ke bentuk visual.

Di mana sih Jurusan Sains Data di Indonesia?

Hingga saat ini sudah banyak loh, perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan Sains Data, yaitu Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Telkom University (Tel-U), Universitas Bina Nusantara (BINUS University), UPN “Veteran” Jawa Timur, dan Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR). Berbeda dengan Universitas Indonesia yang memiliki Data Science Center sebagai Unit Kerja Khusus (UKK) di FMIPA alih-alih sebuah jurusan. Dengan kata lain, Universitas Indonesia menawarkan Sains Data sebagai sebuah mata kuliah, bukan jurusan. Selain Sains Data, UI juga menawarkan mata kuliah Big Data dan Komputasi Kognitif di Jurusan Akuntansi.

Lahir pada 2020, program studi Teknologi Sains Data Universitas Airlangga berada pada Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin yang berlokasi di Kampus C Unair, Mulyorejo, Surabaya. Lahirnya program studi Teknologi Sains Data bersamaan dengan keempat prodi baru lainnya di fakultas ini. Sejak semester satu, mahasiswa Teknologi Sains Data akan dikenalkan dengan statistika dan pemrograman. Mahasiswa akan mempelajari dua bahasa pemrograman, yaitu Pemrograman R dan Pemrograman Python.

Masa Depan Menjanjikan

Aktivitas pembelajaran di lab Komputer

Perkembangan teknologi yang pesat membuat data menjadi suatu hal yang dibutuhkan di semua industri.  Menurut World Economic Forum, salah satu karir yang diminati di masa depan adalah sebagai data scientist. Hal tersebut karena saat ini semuanya pasti membutuhkan data dalam pelaksanaannya. Semua industri, perusahaan pasti membutuhkan jasa yang berhubungan dengan data. Nah, salah satu jurusan yang bisa menghasilkan lulusan yang mampu bekerja di lapangan adalah Jurusan Sains Data.

Terdapat empat profesi umum dari Sains Data. Pertama, Data Scientist, profesi yang paling diminati di masa depan. Data Scientist bertugas untuk mengolah data agar bernilai. Kedua, Data Engineer, yaitu insinyur urusan pencarian dan pengelolaan data. Ketiga, Analis Data, profesi yang berurusan dengan pengolahan data untuk dijadikan informasi. Terakhir, Machine Learning Engineer, insinyur urusan terkait pembelajaran mesin.

Namun, hal tersebut tidak dapat terlepas dari tingginya biaya yang dibutuhkan. Bagaimanapun, karena Sains Data berhubungan dengan teknologi pasti biayanya tidak murah. Akan tetapi, beberapa hal tersebut setimpal dengan pengembalian uang atau gaji yang akan didapatkan lulusan jurusan Sains Data yang berada di kisaran 8 -10 juta, sedangkan seorang Data Scientist senior memiliki kisaran gaji 30 -60 juta.

Lulusan Sains Data dapat bekerja di banyak industri. Pertama dan yang paling utama pasti di industri teknologi. Karena Sains Data sendiri berhubungan dengan teknologi, pasti pekerjaannya akan berada di industri berbasis teknologi dan komputer. Kedua, Konsultan Manajemen, khususnya Konsultan Manajemen di bidang IT, pasti akan membutuhkan data sebagai basis pertimbangan penasihatan mereka. Ketiga, Riset Saintifik, yaitu bidang aplikasi metode ilmiah untuk pengembangan. Terakhir, Asuransi. Selain kelima industri yang disebutkan di atas, tidak menutup kemungkinan lulusan Sains Data dapat bekerja dimana saja, karena memang dasarnya semua industri pasti membutuhkan data dan pengelolanya.

Industri terbaik yang mempekerjakan lulusan jurusan ini ada tiga. Jelas yang pertama adalah Industri Teknologi, dimana gaji dan karirnya bagus. Tak ketinggalan, Perusahaan Investasi, perusahaan terkait investasi dan surat berharga. Jelas membutuhkan Data Scientist di dalamnya. Terakhir, Bank Sentral. Institusi yang menjaga stabilitas harga dan mata uang, yaitu Bank Indonesia.

Walaupun dapat dikatakan untuk proses kuliah sendiri, jurusan ini termasuk jurusan yang cukup sulit. Akan tetapi, lulusan Data Scientist sangat fleksibel. Data Scientist fit in di semua posisi pekerjaan biarpun kuliahnya tidak mudah. Semua perkantoran pasti membutuhkan lulusan ini.

Selain dapat bekerja pada industri-industri yang sudah disebutkan diatas. Lulusan Sains Data dapat menjadi dosen, mengajar di kampus dengan kualifikasi S2 atau S3. Pengusaha, berperan membuka usaha dan lapangan pekerjaan. BUMN, khususnya BUMN yang teknologi. Secara umum, pasti membutuhkan Data Analis selain Data Scientist. Korporat, semua kantor pasti membutuhkan, walaupun sekadar Excel Engineer tapi sangat lihai. Riset Binis, dan yang terakhir sebagai Software Engineer. Mereka bisa mengembangkan perangkat lunak sendiri, misalnya membuat website, karena memang tidak harus berhubungan dengan data dan di Sains Data selain statistika, fokus terhadap pemrograman.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengambil Jurusan Sains Data? (kyl/and)

 Kontributor : Kyla Belva Queena, Mahasiswa Prodi Teknologi Sains Data Angkatan 2022

DAFTAR PUSTAKA

          Nasution, M. K. (2019). Sains data. Sains Data, 1(1).

          Brainacademy.id. (2022, 29 April). Jurusan Sains Data, Prodi Primadona di Era Digital?. Diakses pada 18 Februari 2023, dari https://www.brainacademy.id/blog/jurusan-sains-data

          Akupintar.id. (2022, Agustus). Jurusan Data Science di Indonesia: Ketahui Bagaimana dan Di Mana Kuliahnya. Diakses pada 18 Februari 2023, dari https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/jurusan-data-science-di-indonesia-ketahui-bagaimana-dan-di-mana-kuliahnya