Universitas Airlangga Official Website

Internasionalisasi Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia

Makalah ini berfokus pada analisis kebijakan yang mempengaruhi internasionalisasi usaha kecil dan menengah (UKM) yang bergerak di bidang industri budaya dan kreatif (CCI) di Indonesia. Tiga pendekatan internasionalisasi dieksplorasi dalam penelitian ini: pendekatan pengetahuan pasar, pendekatan jaringan dan pendekatan kewirausahaan internasional. Artikel ini berupaya untuk memahami internasionalisasi sebagai suatu proses yang dimulai dari penciptaan prasyarat yang menguntungkan hingga tahap penguatan berdasarkan keterkaitan antar pendekatan tersebut.

Tujuan artikel ini mencoba menggabungkan dimensi-dimensi penting yang diajukan oleh masing-masing pendekatan menuju pendekatan kebijakan integratif berdasarkan konsep daya saing dan konektivitas. Model konseptual kebijakan terpadu dalam penelitian ini berkontribusi untuk menyelesaikan masalah inefisiensi sebagai kesenjangan utama dalam kebijakan strategis internasionalisasi UKM di Indonesia; meningkatkan literatur analisis kebijakan integratif dan mengusulkan kebijakan strategis yang lebih terintegrasi untuk mempromosikan internasionalisasi.

Penulis: Yuniarti, S.H., M.H., LL.M.

Jurnal: https://e-journal.unair.ac.id/YDK/article/view/42955