Universitas Airlangga Official Website

Mahasiswa FIKKIA Analisis Sanitasi Lingkungan Kolam Renang GOR Tawangalun

Mahasiswa FIKKIA Berbincang Dengan Pengelola Kolam Renang GOR Tawangalun (Sumber: Istimewa)
Mahasiswa FIKKIA Berbincang Dengan Pengelola Kolam Renang GOR Tawangalun (Sumber: Istimewa)

UNAIR NEWS – Berenang menjadi sarana olahraga dan rekreasi mengisi waktu luang. Tak hanya itu, manfaat sebagai upaya menjaga kesehatan fisik maupun mental akan didapatkan. Kolam dengan sanitasi mumpuni menjadi faktor penentu agar perenang nyaman, aman, dan sehat selama berenang. Gangguan kesehatan pasca berenang dapat terjadi apabila faktor tersebut tidak terpenuhi dengan baik.   

Banyuwangi memiliki salah satu kolam renang unggulan dalam Gelanggang Olahraga (GOR) Tawangalun. Dalam satu area tersebut juga tersedia gedung badminton, lintasan atletik, dan lapangan sepak bola. Lewat analisis sanitasi salah satu wana wisata air milik PEMKAB Banyuwangi itu, mahasiswa Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) Universitas Airlangga (UNAIR) memastikan kualitas sanitasi telah berjalan dengan baik. Mahasiswa yang terlibat antara lain Azizah Puspaningtyas, Indah Purwitasari, Destia Ika, ⁠Aurellia Kezia, dan ⁠Nadia Amborika.

Ketua kelompok, Azizah Puspaningtyas menuturkan tujuan tersebut tak lain untuk mengetahui kualitas sanitasi lingkungan. Dalam kegiatan analisis Minggu (25/3/2024) juga menemukan bahwa kolam renang yang terletak tak jauh dari Kampus Giri FIKKIA UNAIR Banyuwangi itu menjadi pilihan banyak orang. Lokasi strategis dan tarif masuk yang terjangkau membuat masyarakat menggunakan fasilitas umum tersebut.

“Kami menemukan bahwa kolam renang Gor Tawangalun merupakan tempat yang banyak dipakai oleh atlet renang,” tuturnya.

Dalam sejarah beberapa tahun kebelakang, kolam renang tersebut telah digunakan sebagai lokasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur Tahun 2015. Menjadikan tempat tersebut sebagai kolam renang satu-satunya di Banyuwangi yang telah terstandarisasi sebagai kolam renang ukuran olympic dengan panjang 50 meter. Tak hanya itu, bekas kejayaan masa itu masih terlihat dengan berdiri megah fasilitas tribun penonton yang cukup besar. 

Dalam memastikan kolam renang tetap terjaga kualitas sanitasi dengan baik, pengelola membersihkan fisik dan air secara berkala. Desinfektan kaporit menjadi pilihan agar air tetap bersih serta membunuh bakteri. Takaran kaporit juga telah terukur dengan pas sesuai dengan aturan penggunaan produk yang berlaku. 

“Semoga terus bisa dilakukan seperti itu, agar tetap aman bagi para pengunjung,” jelas mahasiswa FIKKIA angkatan 2022 tersebut.

Kebersihan air yang terjaga membuat akan membuat kulit pengguna kolam renang terhindar dari iritasi. Maka dapat meminimalisir kejadian gatal-gatal ataupun infeksi kulit lain.nya

Penulis: Azhar Burhanuddin

Editor: Khefti Al Mawalia