Universitas Airlangga Official Website

Mahasiswa BBK UNAIR Kenalkan Rempah-Rempah di SDN Munggut 1 dan 3 Madiun

UNAIR NEWS – Dalam rangka pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) BBK 4 Universitas Airlangga, mahasiswa mengadakan kegiatan pengenalan rempah-rempah kepada siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Munggut 1 dan 3. Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang kekayaan rempah-rempah Indonesia serta manfaatnya bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari.

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan kekayaan rempah-rempah yang melimpah. Rempah-rempah tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, melainkan juga manfaat kesehatan. Mereka juga memilih untuk mengadakan kegiatan edukatif di sekolah dasar dengan judul kegiataan JERAH (Jejak Rempah). 

Kegiatan pengenalan rempah-rempah itu berlangsung pada Sabtu (20/7/2024) di SDN Munggut 1 dan 3. Para mahasiswa KKN UNAIR mempersiapkan berbagai jenis rempah seperti kunyit, jahe, kencur, lengkuas, dan temu kunci. Setiap rempah ditempatkan di meja-meja yang telah disusun rapi.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan dan fun games agar lebih menarik,” ujar Zulfanida Habibatul Azizah selaku Penanggungjawab Acara. 

Mahasiswa memberikan penjelasan mengenai masing-masing rempah, mulai dari nama, warna, rasa, bentuk, dan aroma. Mereka juga menjelaskan manfaat kesehatan dari setiap rempah tersebut.

Anak-anak diajak untuk mencium dan meraba rempah-rempah tersebut agar lebih mengenal karakteristik setiap rempahya. Seluruh siswa akan dibagi menjadi 4 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 13 siswa dan 2 kakak pendamping kelompok. Untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan, diadakan permainan tebak rempah. Masing-masing kelompok akan diberikan satu soal dan satu jenis rempah-rempah.

Anak-anak diminta untuk menebak jenis rempah dengan mencium aromanya dan mendeskripsikan ciri-ciri rempahnya. Setiap kelompok diberi kesempatan maju kedepan untuk menjawab soal yang telah diberikan dengan membawa jenis rempah yang didapat. Siswa lain akan mengoreksi jawaban dari masing-masing kelompok.  

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk siswa-siswi sekolah dasar dalam menambah wawasan rempah-rempah. Rempah-rempah merupakan bagian dari warisan budaya Indonesia terutama untuk generasi muda,” ujar Suci selaku Guru SDN Munggut 1 Madiun.

Kegiatan itu disambut dengan antusias oleh para siswa dan guru SDN Munggut 1 dan 3. Para siswa terlihat sangat tertarik dan aktif berpartisipasi dalam setiap sesi. Guru-guru juga menyampaikan apresiasi mereka terhadap kegiatan itu.

Di akhir,ia berharap anak – anak dapat lebih mengenal dan mencintai kekayaan rempah-rempah Indonesia. Diharapkan pula, pengetahuan ini bisa diteruskan kepada keluarga mereka sehingga manfaat rempah-rempah bisa dirasakan lebih luas. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen UNAIR dalam menciptakan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki pengetahuan dan kecintaan terhadap kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Editor: Khefti Al Mawalia