Universitas Airlangga Official Website

Scholarship Expo ACESFA, Edukasi Mahasiswa Kiat Mencari Beasiswa

Sesi penmaparam materi di scholarship expo ACESFA 2024 (dok istimewa)

UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali menggelar Airlangga Career, Entrepreneurship, and Scholarship Fair (ACESFA). ACESFA ke 40 kali ini berlangsung selama dua hari di Airlangga Convention Centre (ACC), UNAIR kampus MERR-C pada Selasa hingga Rabu (24-25/9/2024).

ACESFA merupakan salah satu event besar dari DPKKA yang banyak mahasiswa UNAIR tunggu. Dalam ACESFA ke 40 kali ini, terdapat beberapa sub kegiatan yang mendukung percepatan karir dan beasiswa. Beberapa kegiatan itu adalah live session dari beberapa perusahaan, booth konsultasi perusahaan, scholarship expo, dan cv review. Salah satu kegiatan yang banyak mahasiswa dan alumni UNAIR minati adalah scholarship expo.

Salah satu institusi yang hadir dalam scholarship expo pada hari pertama, Selasa (24/9/2024) adalah Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). LPDP Hadir sebagai salah satu wadah yang siap mendanai studi mahasiswa dari tingkat magister hingga doktor. 

Perwakilan LPDP, Ari menerangkan bahwa program pendanaan riset dan studi LPDP mendapat pendanaan dari hasil pengelolaan Dana Abadi Pendidikan. “Di tahun 2024 ini, akumulasi realisasi dana abadi di bidang pendidikan sejak tahun 2010 hingga 2024 adalah 154,107 triliun rupiah,” ungkapnya. 

Angka tersebut merupakan angka yang besar untuk investasi pendidikan agar mahasiswa Indonesia bersekolah jenjang S2 dan S3 di dalam maupun luar negeri. Harapannya, program ini akan mendorong mahasiswa UNAIR, tidak hanya untuk studi ke jenjang yang lebih tinggi, tetapi juga bermanfaat untuk negeri.

Lebih lanjut, Ari juga membeberkan akumulasi pada tahun 2023 dan 2024 menunjukan sudah ada 49.838 mahasiswa yang menjadi penerima beasiswa LPDP. Angka tersebut memiliki komposisi penerima sebesar 33 persen dari sektor privat dan 66 persen dari sektor publik. Ari juga memaparkan total persentase penerimaan mahasiswa kurang lebih berada di angka satu banding lima.

“Dari total sekitar 20 ribu orang pendaftar, pada tahun ini LPDP memberi pendanaan ke sekitar 4000 hingga 5000 mahasiswa. Berarti persaingannya sekitar satu banding lima. Angka yang cukup mudah itu untuk kalian mahasiswa UNAIR seharusnya. Jadi kalian harus semangat ya,” terangnya.

Kemudian, Ari juga memaparkan tips untuk meraih beasiswa LPDP. Menurutnya, setiap pelamar harus menikmati prosesnya, mulai dari administrasi, tes bakat skolastik, dan wawancara. Dengan begitu, setiap pelamar akan dapat memaksimalkan rangkaian tes yang mereka lalui. Terakhir, Ari juga menyampaikan bahwa setiap pelamar perlu riset yang mendalam tentang jurusan dan kampus serta negara yang mereka tuju, serta be genuine dalam pembuatan esai.

Penulis : Febriana Putri Nur Aziizah

Editor : Edwin Fatahuddin