Universitas Airlangga Official Website

Studium Generale PIMNAS Ajak Mahasiswa Asah Kreativitas dan Talenta

Sesi foto bersama dalam studium generale (Foto: PKIP UNAIR)
Sesi foto bersama dalam studium generale (Foto: PKIP UNAIR)

UNAIR NEWS – Dalam rangkaian pekan PIMNAS ke-37, Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar Studium Generale pada Jumat (18/10/24). Kegiatan kali ini menghadirkan dua mahasiswa UNAIR yang menjadi inspirasi para generasi muda. Maxwell Salvador dan Vania Winola mengisi sesi bincang interaktif sebagai narasumber. 

Maxwell Salvador merupakan mahasiswa berprestasi dari Fakultas Kedokteran (FK) UNAIR. Ia mengantongi beragam prestasi yang menjadikannya sebagai finalis mahasiswa berprestasi 2024 tingkat nasional. Sementara itu, Vania Winola merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNAIR. Vania aktif menjadi influencer dan konten kreator yang kerap tampil di media sosial. 

Diskusi ini mengusung tema “Berkompetisi Mengasah Kreativitas Mahasiswa Bertalenta Indonesia Menjadi Pribadi yang Solutif, Inovatif, dan Produktif.” Sebagai generasi muda tentu tidak meninggalkan tiga poin utama tersebut. Bagi Maxwell, “melalui kreativitas kita bisa mencari lebih dari satu solusi untuk menyelesaikan masalah. Dari kreativitas tersebut kita dapat menemukan solusi yang solutif dan inovatif sekaligus.” 

Sesi talkshow Maxwell dan Vania dalam Studium Generale (Foto: PKIP UNAIR)
Sesi talkshow Maxwell dan Vania dalam Studium Generale (Foto: PKIP UNAIR)

Sementara itu, menurut Vania dengan adanya kreativitas seseorang dapat melihat berbagai perspektif permasalahan. Dari situ, kreativitas dapat memunculkan lebih dari satu solusi atas permasalahan yang ada. Pernyataan Vania selaras dengan kreativitasnya dalam mengangkat konten inspiratif dan kepercayaan diri generasi muda dalam mengambil risiko dan mewujudkan talenta. 

Maxwell dan Vania membagikan pengalamannya dalam berinovasi selama perjalanannya menjadi mahasiswa berprestasi dan influencer. Terutama meningkatkan daya saing ketika seseorang berlomba menjadi yang terbaik. Dalam hal ini Vania menyalurkan inspirasi melalui kegiatannya sebagai kreator konten.

“Persaingan di social media sekarang adalah orang-orang ingin membuat konten. Untuk menjadi berbeda dari orang lain kita tidak hanya bergantung pada satu tema. Saya mengembangkan diri tidak hanya sebagai content creator (kreator konten, red), tetapi juga sebagai penulis dan pembicara. Pengembangan itulah yang membuat seorang konten kreator semakin melebarkan pasar,” ungkap Vania. 

Di sisi lain, semula Maxwell lebih berfokus pada bidang akademik dan mengikuti sejumlah kompetisi akademik. Berkat usaha dan kerja keras Maxwell mengantarkannya pada pencapaian beragam prestasi. Hingga kemudian Maxwell tergabung sebagai peserta acara permainan akademik, Clash of Champions yang menjadikan namanya semakin melejit. 

“Momen ini jauh dari ekspektasi saya. Di sisi lain saya bersyukur apabila orang lain terinspirasi dari saya. Dengan adanya momen seperti ini, saya memanfaatkan kesempatan dengan baik. Dari sini saya belajar membuat dan mengedit konten. Setiap hari saya belajar hal-hal baru tetapi saya ingin tetap menjadi diri sendiri,” ujar Maxwell.

Penulis: Syaharani Putri Aisyah

Editor: Yulia Rohmawati