Universitas Airlangga Official Website

AUBMO Gelar Upgrading TEA Bahas Kolaborasi dan Inovasi

Jihan Aura saat menyampaikan materi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Organisasi Bidikmisi KIP-K UNAIR (AUBMO) gelar acara UPGRADING TEA. Acara itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang terselenggara oleh peserta magang TEA 2023 yang membahas tentang Kolaborasi dan Inovasi.

Acara yang bertemakan Let’s Be More Innovative and Collaboration as College Student Airlangga University (LEMIC) itu terselenggara secara daring pada Sabtu (2/12/2023) di Gedung Kuliah Bersama (GKB) 2.07 Kampus MERR-C UNAIR. Hadir dalam acara tersebut, Jihan Aura, seorang pemateri yang mendalami bidangnya.

Jihan mengatakan, kolaborasi adalah kerja sama dua orang atau lebih yang saling memahami permasalahan masing-masing serta saling membantu memecahkan masalah tersebut. Sehingga, lanjutnya, dalam kolaborasi perlu kerja sama tim yang baik agar permasalahan yang ada bisa terselesaikan secara bersama-sama

“Dalam sebuah tim, komunikasi adalah kunci dari kerja sama. Tiap orang memiliki watak dan sifat yang berbeda-beda, sehingga perlu kenal lebih dekat melalui komunikasi yang baik agar kolaborasi dalam tim bisa jadi lebih maksimal,” tutur Jihan.

Jihan menerangkan, mahasiswa adalah generasi muda yang cerdas yang telah terpilih melalui suatu proses penyaringan yang ketat. Mahasiswa, lanjut Jihan, digadang-gadang sebagai pemimpin bangsa masa depan.

“Mahasiswa adalah iron stock bangsa dan negara, sebagaimana jargon yang terkenal student now, leader tomorrow,” tutur Jihan.

Oleh karena itu, Jihan menjelaskan pada era globalisasi, mahasiswa memiliki kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan dan organisasi lintas budaya. Hal ini, lanjut Jihan, memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengetahui isu-isu global.

“Di era globalisasi, mahasiswa mempunyai kesempatan untuk memahami tentang isu-isu global dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan,” tutur Jihan.

Sehingga, Jihan menambahkan, para mahasiswa diharuskan memiliki ide-ide yang cemerlang dan positif untuk masa depan yang lebih baik. Hal itu, lanjutnya, bisa berupa penelitian yang terkait dengan teknologi canggih, sumber daya yang relevan dengan kebutuhan global.

Selain kolaborasi, Jihan juga menerangkan, inovasi adalah pengenalan ide baru, pembaruan, penemuan, yang sudah ada sebelumnya. Pembaruan tersebut, lanjutnya, bisa berupa gagasan, metode, ataupun alat.

“Inovasi adalah pengenalan ide baru, pembaruan, penemuan yang ada sebelumnya. Hal ini menjadi penting bagi mahasiswa karena pembaruan bisa bermanfaat dalam dunia akademik,” tutur Jihan.

Jihan menambahkan, pentingnya inovasi dalam dunia akademik dikarenakan inovasi tidak sekadar menjadi pembaruan belaka. Tetapi juga, lanjutnya, bisa melatih keterampilan mahasiswa, meningkatkan daya saing, dan persiapan masa depan untuk peluang kewirausahaan.

Penulis: Muhammad Rizal Abdul Aziz

Editor: Nuri Hermawan