Universitas Airlangga Official Website

Buat Inovasi untuk Ibu Hamil, Tim Psychfil Sabet Juara II NCMSC 2024

Dari kanan Khuril Malail Jannah, diikuti Gading Nurhafiza Rachma dan Pionera Seconda Giyanti Mahasiswa Kebidanan UNAIR. (Foto: Istimewa)
Dari kanan Khuril Malail Jannah, diikuti Gading Nurhafiza Rachma dan Pionera Seconda Giyanti Mahasiswa Kebidanan UNAIR. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Kembali menorehkan prestasi memukau, tim Psychfil Kebidanan Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil sabet juara II dalam lomba Scientific Essay National Camp Midwifery Student Competition (NCMSC) 2024. Tim psychfil terdiri atas Gading Nurhafiza Rachma sebagai ketua bersama kedua rekannya Khuril Malail Jannah dan Pionera Seconda Giyanti. Bahkan, mereka berhasil meraih best performance dalam ajang tersebut. Perlombaan yang diselenggarakan oleh Ikatan Lembaga Mahasiswa Kebidanan Indonesia (IKAMABI) berlokasi di Politeknik Kesehatan Malang.

Kesehatan mental ibu hamil adalah faktor penting yang mempengaruhi kesejahteraan ibu dan perkembangan janinnya. Selama masa mengandung, ibu hamil cenderung mengalami perubahan emosional secara signifikan. Cemas, stress, bahkan dapat mengalami depresi.

Karena itu, tim psychfil menciptakan produk inovasi sebuah paket relaksasi. Produk yang dikembangkan oleh tim psychfil itu bertujuan untuk menjaga kesehatan mental ibu hamil, mencegah depresi, maupun terhindar dari baby blues. Terdapat pula media edukasi berupa website yang dapat diakses untuk memberikan pengetahuan dan pemberian asuhan secara komprehensif pada ibu hamil. 

“Kami mengusung ide ini karena melihat permasalahan yang dialami pada ibu hamil, dari masa kehamilan. Biasanya orang hanya berfokus pada hal fisik seperti makanan bergizi dan melihat berat badan. Namun, jarang ada yang memperhatikan mental health,” ujar Pionera.

Sementara itu, Khuril menambahkan bahwa produk tersebut berisi enam macam aroma terapi, buku panduan untuk akses website, minyak pijat, kalung aroma terapi dan box rediffuser. Produk holistik yang ditawarkan dan terintegrasi teknologi digital tersebut juga melibatkan seluruh indra. Baik penciuman, sentuhan, pendengaran maupun konten edukasi untuk pemberdayaan.

Buat Inovasi untuk Ibu Hamil, Tim Psychfil Sabet Juara II NCMSC 2024

Mulai titik awal yang penuh tantangan hingga mencapai puncak kemenangan adalah sebuah kisah yang memukau dan penuh inspirasi dari tim psychfil Kebidanan UNAIR. Yakni, satu perjalanan yang ditandai oleh tekad yang kuat, dedikasi tanpa batas, dan semangat yang tak pernah padam.Hingga akhirnya tim mampu meraij juara II.

Persiapan pembuatan esai, menyusun prototipe, latihan presentasi untuk final hingga jam 11 malam membuahkan hasil yang manis. Hal itu juga tak lepas dari kerja sama tim yang kompak untuk meraih kejuaraan.

Semangat, tekad yang kuat dan kerja sama tim yang baik menjadi tombak yang akan tim psychfil tembakkan untuk siap menghadapi berbagai ajang perlombaan yang akan mereka ikuti nantinya. “Jangan takut untuk mencoba, gagal coba lagi dan jangan pernah menyerah. Semoga kami bisa terasah untuk menyelesaikan masalah dan produk ini bisa diproduksi untuk menjadi sebuah bisnis dan berguna bagi masyarakat,” imbuh Gading memungkasi wawancara dengan Tim UNAIR NEWS.

Penulis: Marshafyennda Scarbella

Editor: Feri Fenoria

Baca Juga:

Tutor Anatomi Veteriner yang Menjalani Berbagai Peran Sekaligus  

17 Kali Gagal Masuk FK Hingga Menjadi Mahasiswa Berprestasi