Universitas Airlangga Official Website

Kesediaan Masyarakat dalam Kepesertaan Asuransi Kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional

Pembiayaan kesehatan yang kuat, stabil dan berkelanjutan sangatlah penting dan berpengaruh dalam pemberian layanan kesehatan, hal ini sesuai dengan tujuan pembangunan kesehatan di Indonesia. Salah satu komponen penting dalam upaya mencakup kesehatan universal yaitu dengan memiliki asuransi kesehatan. kurangnya informasi dan edukasi mengenai Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menyebabkan Masyarakat enggan untuk berpartisipasi dalam program tersebut. Masyarakat pada tingkat bawah enggan menggunakan JKN KIS, hal ini bukan hanya didasari oleh keengganan Masyarakat tersebut, namun juga banyak faktor yang mendasari salah satunya jumlah anggota keluarga yang harus ikut ditanggung. Menurut Koordinator Advokasi Saksi Timboel Siregar ada 4 hal-hal yang menyebabkan target kepesertaan Program JKN-KIS tidak tercapai sulit untuk dilaksanakan, yaitu: 1) Sosialisasi JKN oleh BPJS Kesehatan masih belum memadai; 2) masih banyak pengaduan masyarakat mengenai pelayanan JKN; 3) lemah penegakan hukum bagi badan usaha yang belum mendaftarkan pekerjanya ke BPJS Kesehatan; dan 4) lemah koordinasi antara BPJS Kesehatan, pemerintah daerah, dan institusi terkait lainnya.

Untuk mengkaji kesediaan Masyarakat dalam kepesertaan asuransi kesehatan, maka dilakukan studi scientific review atau kajian ilmiah dari proses systematic review atau tinjauan sistematis. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah “Bagaimana kesediaan membayar mempengaruhi preferensi pelanggan dalam kepesertaan asuransi kesehatan?”.

Empat database elektronik sebagai sumber informasi yaitu ScienceDirect, Pubmed, Scopus, dan Proquest. Pendekatan Kerangka Kerja menggunakan PECOS dan kata kunci serta sinonim tertentu digunakan dalam strategi pencarian untuk menemukan publikasi yang diterbitkan antara tahun 2011 sampai 2023. Ekstraksi data, sintesis data, dan analisis deduktif dilakukan pada enam belas makalah yang memenuhi syarat kelayakan. Hasilnya menunjukkan bahwa preferensi pelanggan untuk kepesertaan asuransi kesehatan dipengaruhi oleh kesediaan untuk membayar, dengan kriteria termasuk Pendidikan, pendapatan, riwayat penyakit dan kesadaran.

Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi pengetahuan pengelola asuransi kesehatan untuk mengetahui lebih lanjut variable-variabel yang mempengaruhi kesediaan untuk membayar dalam peningkatan cakupan kepesertaan asuransi kesehatan.

Penulis:

Vivilia Dian Mustikasari*, Ayu Nur Malasari, Thinni Nurul Rochmah, Kantrey Sugiarto

Judul Artikel Ilmiah:

The Effect of Willingness to Pay on Customer Preferences for Health Insuranc Membership: A Systematic Review

Jurnal Publikasi (volume/series):

Jurnal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, Volume 8, Issue 2, June 2023, p. 841–848 ISSN 2502-4825 (print), ISSN 2502-9495 (online)