Universitas Airlangga Official Website

Laskar UKMKI Cetak Mahasiswa Muslim Berkarakter Kepemimpinan dan Manajerial

Suasana kegiatan pelatihan Laskar 2023. (Sumber: Panitia Laskar 2023)
Suasana kegiatan pelatihan Laskar 2023. (Sumber: Panitia Laskar 2023)

UNAIR NEWS – Untuk mencetak karakter kepemimpinan dan manajerial pada mahasiswa muslim sebagai agen perubahan masyarakat, UKMKI UNAIR mengadakan kegiatan Latihan Strategis Kepemimpinan dan Manajerial atau Laskar. Grand Opening Laskar 2023 yang berlangsung pada Kamis (17/8/2023) di Kebun Bibit Wonorejo Surabaya menjadi langkah awal kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan pembukaan tersebut, panitia mengundang Dani Setiawan, alumnus FH UNAIR yang pernah menjabat sebagai ketua UKMKI tahun 2007. Dani mengangkat materi tentang analisis sosial. Yaitu, usaha dalam menganalisis permasalahan sosial di sekitar lingkungan masyarakat untuk menuju perubahan yang lebih baik.

“Perubahan itu harus kita mulai dari sekarang. LDK adalah tempat penyiapan SDM-SDM untuk perubahan Indonesia yang lebih baik dan bermartabat,” ungkap Dani.

Mengenal Laskar

Syarif Ibrahim Robbany sebagai Ketua Panitia Laskar 2023 menjelaskan bahwa Laskar adalah kegiatan pelatihan dakwah kampus (PDK) tingkat terakhir sekaligus tertinggi dari tingkatan sebelumnya, yaitu PDK Tingkat Pertama dan Kedua. Departemen Kaderisasi UKMKI UNAIR menjadi penyelenggara kegiatan pelatihan.

Output dari kegiatan ini adalah peserta memiliki nilai kepemimpinan dan mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak. Selanjutnya, mampu menjawab permasalahan sosial yang ada di masyarakat,” tambahnya.

Penyerahan sertifikat oleh Syarif Ibrahim Robbany sebagai Ketua Panitia Laskar 2023 kepada Dani Setiawan pemateri kegiatan. (Sumber: Panitia Laskar 2023)

Syarif menambahkan bahwa kegiatan pelatihan ini juga melatih mahasiswa agar memiliki kapasitas yang mumpuni dalam aspek rohani, jasmani, dan pikiran. Untuk itu, peserta pelatihan akan mendapatkan penugasan, seperti berolahraga, membaca buku, dan beribadah secara rutin.

“Tujuan dari itu semua adalah membentuk peserta yang akan menjadi penerus bangsa dengan atribut yang mumpuni baik dari sisi jasmani, rohani, dan keilmuan sebagaimana yang termasuk dalam QS. Al-Baqarah ayat 247,” jelas Syarif.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini sebanyak 71 mahasiswa. Mereka berasal dari seluruh fakultas yang ada di UNAIR.

Rangkaian Kegiatan

Syarif mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini berlangsung sejak Kamis bulan ini (17/8/2023) sampai Minggu pada Oktober mendatang (8/10/2023). Dalam periode tersebut, terdapat tiga kegiatan besar sebagai rangkaian kegiatan Laskar 2023.

Pertama adalah kegiatan Grand Opening yang telah terlaksana pada hari ini (17/8/2023) dengan mengambil tema Alpha Edition: Level Up Character. Kedua adalah kegiatan Technical Meeting yang akan berlangsung pada Sabtu September mendatang (16/9/2023).

Ketua Panitia Laskar 2023 mengatakan bahwa kegiatan kedua tersebut adalah kegiatan untuk mempersiapkan puncak acara Laskar. Yaitu akan berlangsung pada Jumat-Minggu Oktober mendatang (6-8/10/2023). Adapun kegiatan Grand Opening Laskar dan Technical Meeting akan dilaksanakan di Surabaya.

“Untuk puncak acara, peserta akan berkegiatan di alam selama tiga hari dua malam yang lokasinya berada di luar Kota Surabaya,” tambah Syarif.

“Mahasiswa setelah mengikuti Laskar dapat menjadi pelopor perubahan di masyarakat dengan tetap memegang teguh idealisme yang telah didapat selama mereka menjadi aktivis muslim di kampus,” harapannya. (*)

Penulis: Muhammad Fachrizal Hamdani

Editor: Binti Q. Masruroh