Universitas Airlangga Official Website

Mahasiswa Sragen Kenalkan UNAIR Lewat Sragen University Expo

Sebagai fasilitator informasi, mahasiswa UNAIR menjelaskan informasi dan berbagi pengalaman selama berkuliah di UNAIR kepada pengunjung (Foto: Fath Tazkya Ernest Jamila)

UNAIR NEWS – Keluarga Mahasiswa Sragen (KMS) Regional Soloraya menggelar Sragen University Expo 2024 (SUE). Pameran perguruan tinggi itu terlaksana selama tiga hari pada Jumat (26/1/2024) hingga Minggu (28/1/2024). Kegiatan itu berlangsung di Gedung Sasana Manggala Sukowati, Sragen, Jawa Tengah.

SUE merupakan event pameran kampus terbesar di Jawa Tengah yang rutin terselenggara setiap tahun. Event itu ditujukan untuk umum, khususnya siswa SMA dan sederajat yang ingin mengenal lebih lanjut tentang Universitas-Universitas di Indonesia. Dengan demikian, mahasiswa UNAIR asal Sragen mengikuti SUE sebagai fasilitator informasi.

Kepada UNAIR NEWS (27/1/2024), salah satu mahasiswa UNAIR asal Sragen, Zalfa Imtinan Putri (Gizi 21), menjelaskan bahwa masih sedikit siswa SMA di Sragen yang mengenal UNAIR. Padahal UNAIR termasuk universitas top di Indonesia.

“Tergolong cukup underrated di kalangan siswa Sragen. Dengan demikian, saya dan teman-teman mengikuti SUE supaya semakin banyak yang mengenal UNAIR,” jelas Zalfa, sapaan akrabnya.

Zalfa dan pihaknya telah mempersiapkan dekorasi stand semenarik mungkin. Secara keseluruhan, dekorasi menggunakan warna yang identik dengan UNAIR, yakni kuning dan biru. Tidak hanya itu, pihaknya menampilkan tulisan akronim “HEBAT” yang menunjukkan karakter mahasiswa UNAIR.

“Kami juga menambahkan tulisan ‘Excellent with Morality’ di depan stand untuk mengenalkan motto dari UNAIR kepada para pengunjung,” ungkapnya.

Untuk memudahkan pengunjung dalam memahami UNAIR, pihaknya telah menyiapkan LCD yang menampilkan beragam informasi seperti daya tampung, biaya UKT, akreditasi, dan lain-lain. Adapun, banner yang menampilkan ranking dan barcode mengenai UNAIR yang dapat diakses secara online.

“Terdapat 2 kolom seru-seruan yang kami sajikan di stand. Pertama, ‘wishes’ untuk menampung harapan adik-adik SMA yang ingin masuk ke UNAIR. Kolom kedua, ‘UNAIR Dump’ yang berisikan foto-foto gedung dan fasilitas yang ada di UNAIR,” paparnya.

Sempat mengikuti SUE tahun 2023, Zalfa membeberkan bahwa tahun ini antusias dari pengunjung di stand UNAIR lebih tinggi dibanding tahun lalu. Menurutnya, lambat laun siswa SMA di Sragen mulai mengenal dan memiliki ketertarikan terhadap UNAIR.

“Istilah gaulnya, mulai kepo dengan UNAIR,” terangnya.

Pada akhir, ia menuturkan harapannya agar semakin banyak yang mengenal UNAIR dan memiliki keinginan tinggi untuk menjadi Ksatria Airlangga. Lebih lanjut, semoga tahun depan dapat kembali mengikuti SUE dengan mahasiswa baru angkatan 2024 untuk mengenalkan UNAIR lebih luas bersama-sama.

Penulis: Fath Tazkya Ernest Jamila

Editor: Nuri Hermawan