Universitas Airlangga Official Website

Membanggakan! 3 Mahasiswa Akuntansi Raih Juara Kategori Perencanaan Bisnis di Aceh 

UNAIR NEWS – Tiga mahasiswa akuntansi Universitas Airlangga yang bergabung menjadi satu kelompok dalam ajang lomba UTU Awards, menorehkan tinta kemenangan pada kategori perlombaan perencanaan bisnis. Riyanto, Muhammad Hasan Fu’adi, Rani Idealistanti Osmena berhasil menyabet juara harapan satu diantara 40 tim lainnya yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia. 

Lomba yang memiliki fokus utama pada sektor industri berbasis agro dan marine ini berlangsung dari tanggal 2 juni – 2 November 2023. Pada sesi ketiga yang berlangsung pada tanggal 18 oktober 2023, diumumkan nominasi 10 besar yang kemudian akan melakukan presentasi secara offline di Universitas Teuku Umar Aceh. 

Dalam UTU Award, Riyanto menyebutkan bahwa terdapat 4 kategori yang dapat dipilih oleh peserta dalam ajang perlombaan ini. Yang pertama, riset kewirausahaan. Kedua, Perencanaan Bisnis. Ketiga, Produk Inovatif Berbasis Agro dan Marine. Dan yang keempat, Desain Toko Online. Riyanto kembali menyebutkan, timnya mengambil kategori perencanaan bisnis pada ajang lomba UTU Award kali ini. 

Dukungan dari Fakultas

Pada saat  wawancara berlangsung, Riyanto menceritakan bahwa timnya sempat merasa kebingungan lantaran pengumuman 10 besar yang berbarengan dengan jadwal UTS. Hal tersebut mengharusan mereka untuk segera menyiapkan bahan presentasi dan juga persiapan keberangkatan menuju Universitas Teuku Umar yang berada di Aceh. Jarak yang cukup jauh di ujung barat Indonesia membuat mereka perlu mempersiapkan dana yang tidak sedikit dan persiapan yang matang. 

Untuk mempermudah proses keberangkatan, Riyanto dan tim mengajukan proposal 

delegasi yang ditujukan kepada dekanat untuk mendapatkan pendanaan. Proses pengajuan proposal tersebut diterima dan selesai dalam waktu yang cukup cepat akibat bantuan dari kepala departemen prodi. Dukungan dari fakultas menjadi pacuan mereka untuk dapat membanggakan nama universitas dan fakultas pada ajang perlombaan ini. 

Ingin Memperluas Pengalaman

 Mengikuti perlombaan kategori perencanaan bisnis dalam bidang agrobisnis dan maritim menjadi ajang bagi Riyanto dan tim memperluas pengalaman lombanya. Terlebih lagi lomba UTU Award yang diadakan di luar pulau jawa menjadikan perlombaan kali ini sangat berkesan bagi mereka. 

Riyanto dalam wawancara menyebutkan, “Karena acara perlombaan ini besar dan jauh, dari sini kami juga ingin mencoba memperluas pengalaman. Apalagi lomba ini diadakan di luar jawa, Aceh ujung Indonesia. Selain itu, perlombaan ini untuk menambah kreatifitas kami terkait perencanaan bisnis, terutama dalam bidang maritim dan agrobisnis”. 

Riyanto dan tim juga berharap, hasil perencanaan bisnis yang mereka lombakan nantinya dapat diterapkan dan dapat memberi impact untuk bidang pertanian. Mereka juga berharap, semoga Universitas Airlangga dapat mendelegasikan lebih dari satu tim dan mendapatkan juara umum dan piala bergilir di perlombaan UTU Awards yang akan datang.

Penulis: maryam fauziah

Editor: Feri Fenoria