Universitas Airlangga Official Website

Kenalkan Statistika ke Masyarakat, HIMASTA Sukses Gelar ESTIMASI

Suasana Exhibition Estimasi 2023 pada Minggu (5/11/2023) di Ruang 2.08 GKB (Sumber foto: Dokumentasi panitia)
Suasana Exhibition Estimasi 2023 pada Minggu (5/11/2023) di Ruang 2.08 GKB (Sumber foto: Dokumentasi panitia)

UNAIR NEWS – Perkembangan teknologi berdampak pada akses informasi yang semakin cepat. Hal tersebut sejalan dengan pertumbuhan data di era digital saat ini. Pentingnya pengambilan keputusan memerlukan pengelolaan peran data yang baik dengan berdasar pada ilmu Statistika. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Statistika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga mengadakan Estimasi 2023 mengenai pentingnya ilmu Statistika.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Minggu (5/11/2023) di Ruang 2.08 Gedung Kuliah Bersama Kampus Merr C ini bertujuan untuk memperkenalkan Program Studi Statistika kepada masyarakat luas. Estimasi 2023 ini terdapat dua rangkaian kegiatan meliputi Seminar dan Exhibition.

Exhibition Art

Kegiatan ini mengusung tema “The Art of Solitude : Through The Silhouette”. Tema yang berangkat dari filosofi Solitude yang berarti kesendirian. Diartikan sebagai suatu tempat yang akhirnya menuntun untuk menemukan jati diri dan lebih mengapresiasi diri. Ruang yang memberikan kita berpikir mengenai tujuan hidup. 

Sedangkan Silhouette adalah efek yang dihasilkan karena adanya perbedaan signifikan antara pantulan cahaya objek utama di bagian depan gambar dengan latar belakangnya yang identik dengan warna hitam. Ini melambangkan seseorang yang sebenarnya punya potensi hebat, tapi masih tertutupi dengan gelapnya ketakutan dan keraguan.

Exhibition ini bertajuk yaitu The Exposition: How The Story Begins. Dengan maksud exposition adalah proses pengenalan karakter, latar belakang, hingga masa lalu. Dalam bahasa Inggris, exposition juga dapat diartikan sebagai pameran yang akan diisi dengan bahasan seperti branding Statistika UNAIR dan seputar perkuliahannya.

Pembicara Seminar Estimasi 2023 pada Minggu (5/11/2023) di Ruang 2.08 GKB (Sumber foto: Dokumentasi panitia)

Seminar

Menariknya, berbeda dengan tahun sebelum-sebelumnya yang diadakan secara online, Estimasi 2023 tahun ini mendapat kesempatan untuk menggelar kegiatan secara tatap muka. Kegiatan yang terkemas melalui seminar exhibition ini tentunya menjadi hal menarik tersendiri bagi Estimasi 2023.

Adapun pembicara dalam seminar ini adalah mahasiswa aktif Statistika Gaos Tipki Alpandi (2020) dan Marcelena Vicky Galena (2021); Dosen Statistika Dita Amelia, S.Si., M.Si.; serta alumni Christopher Andreas, S.Stat. Kegiatan ini dikhususkan kepada siswa SMA, namun tetap terbuka untuk seluruh masyarakat umum. 

“Harapannya semoga Estimasi 2023 yang diadakan secara offline (tatap muka) dapat memberikan insight-insight baru kepada seluruh peserta yang hadir melalui seminar dan exhibition. Kemudian, harapan terbesar saya tentunya dapat mengharumkan nama Statistika Universitas Airlangga kepada masyarakat luas.” ucap Talitha Zuleikha selaku ketua pelaksana Estimasi 2023.

Penulis: Meli Nor Arista

Editor: Feri Fenoria