Universitas Airlangga Official Website

Pahami Perbedaan Mata Kuliah di Dunia Perguruan Tinggi

Ilustrasi Mata Kuliah. (Foto: Unsplash)
Ilustrasi Mata Kuliah. (Foto: Unsplash)

UNAIR NEWS – Pahami perbedaan mata kuliah di dunia perguruan tinggi. Mata kuliah adalah satuan pelajaran untuk mahasiswa di tingkat perguruan tinggi. Pada dasarnya, mata kuliah sama dengan mata pelajaran, hanya untuk mahasiswa. 

Isi dan luas bahasan dari suatu mata kuliah harus mendukung tercapainya visi keilmuan, misi, dan tujuan program studi dengan Satuan Kredit Semester (SKS). Suatu mata kuliah dapat diampu oleh seorang dosen atau tim dosen (team teaching) berdasar penetapan Dekan masing-masing fakultas berdasar usulan dari Ketua Departemen atau Direktur Sekolah dan Koordinator Program Studi. Setiap mata kuliah harus lengkap dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan kontrak perkuliahan.  

Mata Kuliah Wajib UNAIR 

Mata kuliah di Universitas Airlangga (UNAIR) terdiri atas mata kuliah wajib dan pilihan. Lalu, terbagi menjadi mata kuliah wajib institusi, mata kuliah wajib fakultas, dan mata kuliah wajib minat studi. Namun, pembagian mata kuliah wajib sesuai dengan kurikulum setiap fakultas di UNAIR. 

Wajib institusi merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk penguatan karakter mahasiswa. Mata kuliah wajib institusi UNAIR atau istilah lainnya adalah Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU).  

Mata kuliah wajib institusi UNAIR terdiri dari mata kuliah Agama (yang terbagi menjadi agama Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Kong Hu Chu), Pancasila, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Data dan Pustaka, Logika dan Pemikiran Kritis, Pengantar Kolaborasi Keilmuan, serta Komunikasi dan Pengembangan Diri. Masing-masing mata kuliah wajib institusi memiliki bobot 2 SKS dengan total keseluruhan 16 SKS. 

Kemudian, mata kuliah wajib fakultas dan mata kuliah wajib minat studi menyesuaikan dengan kurikulum fakultas masing-masing. Misalnya, di Fakultas Hukum, mata kuliah wajib fakultas berjumlah 104 SKS dan mata kuliah wajib minat studi berjumlah 16 SKS. Mata kuliah wajib minat studi Fakultas Hukum menyesuaikan dengan lima peminatan yang terdapat di Fakultas Hukum UNAIR. 

Dalam menempuh kuliah, mahasiswa UNAIR perlu menyelesaikan paling sedikit 144 SKS mata kuliah untuk lulus. Total 144 SKS tersebut terbagi antara mata kuliah wajib institusi, mata kuliah wajib fakultas, mata kuliah wajib minat studi, dan mata kuliah pilihan minat studi. 

Beda Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Pilihan

Perbedaan mata kuliah di dunia perguruan tinggi. Mata kuliah wajib berbeda dengan mata kuliah pilihan. Mata kuliah wajib merupakan mata kuliah yang wajib bagi mahasiswa untuk memenuhi syarat kelulusan. Sedangkan mata kuliah pilihan hanya mata kuliah alternatif untuk memenuhi syarat kelulusan. 

Mahasiswa tak wahwajib mengambil semua mata kuliah pilihan. Sebaliknya, mahasiswa harus mengambil seluruh mata kuliah wajib. Baik itu mata kuliah wajib institusi, mata kuliah wajib fakultas, maupun mata kuliah wajib minat studi.

Apabila mendapatkan nilai kurang memuaskan di mata kuliah wajib sehingga tidak lulus, mahasiswa tersebut harus mengulang mata kuliah wajib itu di semester berikutnya. Mengingat, sifatnya yang wajib sebagai syarat kelulusan. 

Penjelasan mengenai mata kuliah wajib maupun mata kuliah pilihan dapat dilihat melalui Buku Panduan setiap fakultas di UNAIR. Ketentuan bobot SKS dalam setiap mata kuliah juga tercantum dalam Buku Panduan masing-masing fakultas. (*) 

Penulis: Dewi Yugi Arti 

Editor: Feri Fenoria

Baca juga:

Mengapa Skripsi Penting bagi Mahasiswa? 

Lokakarya Penulisan Systematic Review Untuk Skripsi Mahasiswa