Universitas Airlangga Official Website

Ketua P3K Sosialisasikan Organisasi Profesi Kesejarahan

Dr Bondan Kanumoyoso M Hum saat menyampaikan materi melalui zoom meeting pada Kamis (13/4/2023). (Foto:Nopitasari)
Dr Bondan Kanumoyoso M Hum saat menyampaikan materi melalui zoom meeting pada Kamis (13/4/2023). (Foto:Nopitasari)

UNAIR NEWSProgram Studi Ilmu Sejarah FIB UNAIR bersama Perhimpunan Praktisi Profesi Kesejarahan (P3K) menggelar Sosialisasi dan Pelantikan Pengurus yang berlangsung pada Kamis (13/4/2023). Gelaran acara itu dalam rangka pelantikan pengurus yang terlaksana secara daring melalui zoom meeting dan live youtube. Dalam kegiatan tersebut menghadirkan narasumber salah satunya adalah Dr Bondan Kanumoyoso M Hum selaku ketua umum P3K.

Pada kesempatan tersebut Bondan memaparkan materi terkait dengan organisasi profesi kesejarahan. Bondan menjelaskan bahwa ciri penting dari suatu pekerjaan profesional adalah harus memiliki organisasi atau asosiasi profesi yang melindungi para anggotanya.

“Jadi penting sekali, karena kita memiliki profesi dan keahlian membutuhkan organisasi profesi yang bisa menjamin dan melindungi kepentingan kita dan bisa memberi kesempatan kita untuk mengembangkan diri,” jelasnya.

Bondan memaparkan bahwa P3K berdiri untuk meningkatkan profesionalitas tenaga kesejarahan melalui  pengembangan metode, pelatihan, dan sertifikasi. Menurutnya P3K sebagai bentuk upaya dalam pengembangan ilmu pengetahuan sejarah yang berkaitan dengan kepentingan nasional.

“P3K ini berdiri sebagai wadah pengembangan, komunikasi, konsultasi, koordinasi, dan kerjasama antar anggota. Ini semua berkaitan dengan kepentingan nasional agar kita mendapatkan karya-karya sejarah yang terstandarisasi dan bermutu,” jelasnya.

Kegiatan P3K menurut Bondan adalah dengan mengadakan seminar, sarasehan, workshop, pelatihan, dan bimbingan teknis untuk menambah wawasan dan pengetahuan  yang terkait dengan profesi kesejarahan. Kegiatan tersebut terlaksana dalam rangka melakukan pembinaan dan pelatihan para anggota.

“Para anggota akan terlibat dalam kegiatan-kegiatan P3K sehingga selalu update terhadap perkembangan dalam bidang profesi kesejarahan. Kita akan mengadakan seminar dan pelatihan yang akan kita susun bersama,” jelasnya

Anggota P3K

Selanjutnya, Bondan menjelaskan bahwa anggota P3K terdiri dari para profesional bidang kesejarahan yang mempunyai latar belakang pendidikan sejarah atau tidak. “Kami tidak hanya menghimpun orang-orang yang bergelar sarjana sejarah, tetapi juga orang-orang yang tidak berlatar belakang sejarah namun mendapat pengakuan atas karya-karya sejarahnya,” jelasnya.

Bondan menjelaskan bahwa anggota P3K terdiri dari anggota tetap dan tidak tetap. Anggota tetap adalah seseorang yang memiliki sertifikat kompetensi bidang kesejarahan yang dikeluarkan oleh LSP-P2 dan mengajukan permohonan tertulis menjadi anggota. Sedangkan anggota tidak tetap adalah seseorang yang belum memiliki sertifikasi kompetensi bidang kesejarahan yang dikeluarkan oleh LSP-P2 namun telah mengikuti salah satu kegiatan yang diselenggarakan perhimpunan dan mengajukan permohonan tertulis menjadi anggota.

Penulis : Nopitasari

Editor : Khefti Al Mawalia