Universitas Airlangga Official Website

Pemanfaatan Serbuk Kayu Mahoni untuk Menurunkan Kadar Timbal

Foto oleh courtina.id

Air merupakan elemen vital di dalam kehidupan. Makhluk hidup memerlukannya dalam jumlah yang cukup dengan kualitas yang baik. Pertumbuhan jumlah penduduk menyebabkan peningkatan aktivitas yang dapat menurunkan kualitas air, antara lain dengan adanya pembuangan limbah cair yang tidak diolah dengan baik. Salah satu bahan pencemar adalah timbal (Pb): salah satu logam berat yang banyak digunakan untuk kepentingan manusia. Timbal memiliki sifat toksik, dapat terakumulasi di dalam tubuh makhluk hidup dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Timbal dapat terlepas ke lingkungan dalam bentuk cair dan menurunkan kualitas lingkungan.

Terdapat banyak metode pengolahan logam berat, khususnya timbal. Metode pengolahan yang ada, dapat dibedakan secara fisik, kimia dan biologi. Salah satu metode yang banyak dipakai adalah adsorpsi yang merupakan metode fisik-kimia.  Adsorpsi menawarkan keuntungan-keuntungan yang menarik: mudah pengoperasionalannya, efisiensi tinggi dan murah.

Serbuk kayu mahoni merupakan material alami (bahan alam) yang dapat dimanfaatkan sebagai media atau bahan untuk menurunkan kadar timbal pada adsorpsi. Serbuk kayu mahoni umumnya merupakan limbah dari industri kayu. Serbuk kayu mahoni memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar timbal. Serbuk kayu mahoni mengandung bahan penyusun yang mampu menurunkan kadar timbal: selulosa, hemiselulosa dan lignin.

Telah dilakukan pengujian serbuk kayu mahoni sebagai adsorbent untuk menurunkan kadar timbal. Untuk menurunkan kadar timbal diperlukan kondisi operasi yang optimal. Derajat keasaman (pH) larutan awal timbal untuk menghasilkan penurunan kadar timbal yang tinggi adalah 6, sedangkan waktu kontak yang diperlukan adalah 30 menit. Pada derajat keasaman rendah, penurunan kadar timbal kecil, sedangkan melewati 30 menit waktu kontak, tidak terjadi penambahan penurunan kadar timbal. Hasil pengujian menunjukkan bahan ini berpotensi dijadikan produk untuk mengatasi masalah pencemaran air oleh logam berat.

Kata kunci: pengolahan air, air bersih, timbal, serbuk kayu, mahoni

Penulis: Eko Prasetyo Kuncoro

Artikel lengkap dapat dilihat di:

https://jurnal.uns.ac.id/jkpk/article/view/59757