Universitas Airlangga Official Website

Peran Generasi Z dalam Literasi dan Donasi Zakat

Foto by Detik

Bonus demografi Indonesia, berimbas pada generasi Z dan milenial yang mendominasi mayoritas penduduk Indonesia. Ini bisa dilihat sebagai kesempatan untuk memanfaatkan mereka dalam peningkatan literasi dan donasi zakat di Indonesia. Apalagi ditunjang pesatnya kemajuan teknologi informasi serta karakteristik generasi ini yang menyukai tantangan dan ide-ide kreatif.

Ini ditangkap dengan baik oleh salah satu ormas keislaman terbesar di Indonesia, Muhammadiyah, melalui lembaga filantropinya, LAZISMU di Jawa Timur. LAZISMU merekrut para generasi Z dan milenial ini untuk meningkatkan literasi dan donasi dengan memanfaatkan potensi mereka untuk mengoptimalkan teknologi informasi, khususnya mengelola website dan media sosial. Kepercayaan LAZISMU ini dibayar oleh anak-anak gen Z dan milenial ini dengan hasil berupa peningkatan literasi dan donasi zakat yang dihimpun oleh LAZISMU melalui platform digital baik berupa media sosial, website, mobile banking, dompet digital dan lain-lain.

Penulis: Dr. IRHAM ZAKI , S.Ag., MEI

Jurnal: https://azjaf.zakat.com.my/index.php/azjaf/article/view/118