Universitas Airlangga Official Website

PUI-PT CoE PSQ Gelar Kuliah Tamu, Kenalkan High Reliability Organization bagi Mahasiswa

Dr Francis Hugh Chang bersama para peserta kuliah tamu (Foto: Dok. Panitia)

UNAIR NEWS – PUI PT Center of Excellence for Patient Safety and Quality (CoE PSQ) menggelar kuliah tamu (guest lecture) dengan topik “Introduction to High Reliability Organization (HRO)”. Kuliah tamu ini digelar sebagai upaya untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep HRO serta penerapannya dalam bidang kesehatan.

Tujuan utama dari kuliah tamu ini adalah untuk membantu peserta, terutama mahasiswa, dalam memperbaiki mutu layanan kesehatan dan meningkatkan keselamatan pasien. Acara ini berlangsung secara tatap muka di Ruang Sabdoadi, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR), Jumat (19/04/2024).

Dr Francis Hugh Chang, patient safety and quality expert dari Fulbright Specialist yang juga merupakan peserta dari kegiatan Visiting Fellow for Research Center Programme, menjadi guest lecturer pada acara ini. Dalam presentasinya, Dr Chang membahas konsep HRO dan relevansinya dalam administrasi serta kebijakan kesehatan.

Ia menjelaskan penerapan prinsip-prinsip HRO untuk meningkatkan keselamatan pasien dan kualitas layanan secara keseluruhan. Selain itu, pentingnya identifikasi, pencegahan, dan penanganan kesalahan juga menjadi bahasan dalam kuliah tamu ini. Tujuannya guna meningkatkan keandalan organisasi.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini terdiri dari mahasiswa Magister Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat, serta sejumlah mahasiswa Magister dan Doktor dari Fakultas Farmasi UNAIR. Antusiasme peserta terlihat dari partisipasi aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan. Mulai dari awal hingga akhir, serta keterlibatan dalam diskusi dengan pembicara tamu. Harapannya, kuliah tamu ini akan memberikan manfaat positif bagi semua peserta, khususnya dalam konteks keselamatan pasien.

Penulis: Laila Farisya Wahidah

Editor: Yulia Rohmawati