Universitas Airlangga Official Website

Peningkatan Kenyamanan Pasien Implan Gigi dengan Menggunakan Computer-Aided Manufacturing

Foto oleh chewvalleydentalstudio.co.uk

Kasus kerusakan gigi merupakan kasus yang banyak dialami oleh semua orang, mulai dari kerusakan gigi ringan, sedang, dan berat. Gigi dengan tingkat kerusakan ringan, bila tidak dilakukan perawatan maka akan bertambah luas kerusakan yang dihasilkan, Gigi dengan kerusakan meluas memerlukan perawatan khusus, salah satunya dengan pembuatan gigi tiruan yang dikenal sebagai inlay dan onlay. Begitu juga dengan kerusakan yang meluas sehingga diperlukan tindakan pencabutan. Pasien yang kehilangan gigi akibat pencabutan memerlukan restorasi pembuatan gigi palsu, salah satunya dikenal sebagai gigi palsu cekat (bridge).

Pembuatan gigi palsu memerlukan ketelitian dan keakuratan. Hasil yang presisi akan mempengaruhi kenyamanan penggunaan oleh penderita. Selain kenyamanan, hasil yang presisi juga mengurangi resiko terjadinya kebocoran pada kasus pembuatan restorasi gigi palsu cekat. Kebocoran pada gigi palsu cekat dapat memicu terjadinya infeksi pada gigi yang menjadi penahannya. Apabila kondisi ini terjadi maka akan memicu infeksi sekunder.

Saat ini, kehilangan gigi juga dapat dilakukan perawatan pemasangan implant gigi. Perawatan implant gigi memiliki keuntungan yaitu pasien merasa seakan gigi tersebut adalah giginya sendiri, namun pemasangan implant membutuhkan akurasi-presisi yang tinggi, serta berbiaya mahal.

Akurasi-presisi pemasangan implant gigi dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan peralatan modern, yaitu CAD/CAM Dentistry. CAD/CAM digunakan untuk pembuatan restorasi gigi menggunakan bantuan perangkat lunak komputer dan software khusus sehingga ketepatan rancangan dan hasil pembuatan menjadi presisi.

Penggunaan teknologi CAD/CAM menguntungkan karena memperoleh hasil dalam waktu singkat, dengan presisi-akurasi yang tinggi sehingga akan mengurangi jadwal kunjungan pasien. Hal ini diperlukan terutama bagi pasien yang memiliki mobilitas tinggi dengan keterbatasan waktu dan lokasi tempat tinggal yang jauh.

Keuntungan penggunaan teknologi CAD/CAM, dapat dibaca secara detail (2022) di Journal of International Dental and Medical Researchyang ditulis oleh Pricipe dkk. Diharapkan penggunaan teknologi CAD/CAM dapat meningkatkan keberhasilan perawatan implant gigi sehingga meningkatkan kepuasan pasien dan long-life implant.

Penulis: Dr. Dian Agustin Wahjuningrum, drg., Sp.KG(K)

Informasi lebih detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di: http://www.jidmr.com/journal/wp-content/uploads/2022/09/23-D22_1849_Dian_Agustin_Wahjuningrum_Indonesia.pdf

Luis Alberto Cueva-Príncipe, Dian Agustin Wahjuningrum, Anastasia Gabriella Djuanda, Andrés Agurto-Huerta, Maria Eugenia Guerrero. [2022] Precision of the CAD/CAM Planmeca System Computer-Guided Surgery for the Placement of Dental Implants. Journal of International Dental and Medical Research Vol. 15 No. 3, pp: 1107-1112.