Universitas Airlangga Official Website

AUBMO Ulas Langkah Strategis Membuat Proposal Bisnis

Vita Amalia menyampaikan materi Seminar Kuba pada Sabtu (07/10/2023) di GC 3.10 GKB Kampus C (Sumber: Dokumentasi PDD)
Vita Amalia menyampaikan materi Seminar Kuba pada Sabtu (07/10/2023) di GC 3.10 GKB Kampus C (Sumber: Dokumentasi PDD)

UNAIR NEWS –  Komunitas Usahawan Bidikmisi Airlangga adalah kegiatan seminar yang diadakan oleh kementerian kewirausahaan AUBMO Universitas Airlangga. Seminar ini mengusung tema “Crafting winning business proposals: A Strategic Approach to Reaching Goals”. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (07/10/2023) di GC 3.10 Gedung Kuliah Bersama Kampus Merr C.

Tujuan dari kegiatan ini sebagai urgensi pentingnya bisnis dengan pendekatan strategis yang didasarkan pada tujuan dari pembuatan proposal. Sehingga dengan adanya kegiatan ini sebagai awal yang sangat tepat bagi mahasiswa untuk berprestasi dalam kepenulisan bidang business plan.

Muhammad Ridho’i sebagai ketua AUBMO 2023 menyampaikan bahwa terselenggaranya acara ini merupakan salah satu program kerja AUBMO yang harapannya dapat menjadi wadah bagi mahasiswa Bidikmisi KIPK yang tertarik pada bisnis. Lebih lanjut Ridho’i menyampaikan seminar ini merupakan serangkaian kegiatan yang akan dilanjutkan lomba berupa business plan tingkat nasional.

Michael Albert Theojaya selaku moderator memimpin seminar ini bersama Vita Amalia Hidayati sebagai pemateri. Pemateri ini masih berstatus sebagai mahasiswa Universitas Airlangga program studi akuntansi angkatan 2020.

Ide Kreatif dan Efektivitas Tim

Vita dalam materinya menyampaikan bahwa business plan merupakan dokumen tertulis yang merinci tujuan bisnis, strategi, dan langkah-langkah yang akan dicapai untuk mencapai tujuan tersebut. Business plan yang dibuat tentunya dapat memberikan solusi dari permasalahan yang diangkat.

“Jadi tujuan utama dari business plan itu sendiri adalah menyediakan roadmap, memperjelas apa yang harus difokuskan, dan mengetahui proyeksi bisnis di masa depan,” ujarnya

Vita juga memberikan berbagai tips menemukan ide kreatif. Ide tersebut nantinya dapat membantu dalam membuat bisnis meliputi mencari inspirasi dari cerita, memanfaatkan pengalaman, mengamati tren, hingga membaca jurnal.

“Kalian ketik aja di google scholar atau di scopus, kira-kira penemuan apa sih yang bisa secara logika direalisasikan kemudian peminatnya ada,” ungkapnya

Vita menekankan dalam dalam mencari tim yang efektif harus memiliki tujuan yang sama bukan hanya sekedar mengenal dan dekat dengan orangnya. Dapat saling bahu membahu serta menghargai juga menjaga keutuhan tim. “Belum tentu satu sefrekuensi tapi visinya sama, itu belum tentu” jelasnya.

Sesi foto bersama peserta pada Sabtu (07/10/2023) di GC 3.10 GKB Kampus C (Sumber: Dokumentasi PDD)

Komponen Utama Business Plan

Tidak hanya itu, Vita menyampaikan beberapa aspek penting dalam berbisnis. Seperti panduan dalam pengambilan keputusan yang bijak terutama saat menghadapi situasi tidak terduga. Selain itu, securing investment serta mengukur kinerja juga merupakan hal yang penting menurutnya. 

Komponen utama dalam business plan pun Vita paparkan meliputi ringkasan eksekutif, deskripsi bisnis, analisis pasar, rencana operasional, struktur organisasi, proyeksi keuangan, hingga risiko manajemen. “Ringkasan eksekutif ini sama seperti abstrak di KTI. Dan ini adalah pintu utama untuk investor tau bisnis kalian itu seperti apa,” pungkasnya

Sebelum menutup pemaparan materinya, Vita menyampaikan ada banyak strategi bisnis dari aturan lomba yang diadakan apa saja, mengembangkan rencana strategisnya, memahami target audiens, dan memiliki tim yang kuat. Kemudian harus melakukan penelitian yang mendalam, latihan presentasi, fokus pada pesan kunci dan menggunakan visual yang baik.

Penulis: Meli Nor Arista

Editor: Feri Fenoria