Universitas Airlangga Official Website

K3 Vokasi UNAIR Gandeng Panti Asuhan Darussalam Gelar Kemilau Ramadan

Foto bersama K3 Periode 2023 dengan adik-adik Panti Asuhan Darussalam, Mulyorejo, Surabaya. (Foto: Dok. Panitia)
Foto bersama K3 Periode 2023 dengan adik-adik Panti Asuhan Darussalam, Mulyorejo, Surabaya. (Foto: Dok. Panitia)

UNAIR NEWS – Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan acara Kemilau Ramadan. Acara bertema “Gapai Keberkahan bersama K3” itu terselenggara di Panti Asuhan Darussalam, Mulyorejo, Surabaya pada Sabtu (23/03/2024).

Bachtiar Prayoga selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa kegiatan naungan HIMA K3 2024 ini merupakan program rutin. Skema yang diterapkan adalah berdonasi kemudian disalurkan kepada yang lebih layak atau membutuhkan. “Alhamdulillah, donasi untuk khalayak umum selama kurang lebih tiga hari ini sangat memuaskan dan lebih dari cukup,” terang Yoga. 

Program aksi peduli yang menjadi program rutin angkatan ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini, HIMA K3 membawa acara kepada Panti Asuhan Darussalam dengan memberikan bahan-bahan pokok untuk berbuka bagi anak-anak panti. Tak hanya itu, HIMA K3 juga memberikan materi mengenai Ramadan seperti Nuzulul Qur’an, malam Lailatul Qadr, juga pentingnya berpuasa bagi umat muslim. 

Setelah pemaparan materi berlangsung, acara berlanjut dengan sesi permainan seperti melatih fokus, tebak-tebakan, juga mengaji. “Kami juga adakan mengaji surah-surah pendek, untuk melatih keberanian adik-adik. Kemudian juga kita melatih kefokusan adik-adik dengan menyebutkan anggota tubuh tetapi berbeda dengan yang kita pegang,” ujar Yoga. 

Lebih lanjut, Yoga mengatakan bahwa selepas acara bersama pihak panti, masih ada serangkaian acara yaitu bagi-bagi takjil di jalanan sekitar Kampus Dharmawangsa-B. Kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Prodi Paramedik Veteri Fakultas Vokasi UNAIR. 

Pihak panti asuhan, kata Yoga, menyambut baik kegiatan Kemilau Ramadan ini. Ia bercerita, “Ketika awal survey, pihak panti cukup senang atas acara yang akan kami adakan. Sebenarnya ada sedikit kendala, tetapi dapat kita atasi. Kemudian kita juga disambut dengan baik ketika tadi datang,” jelasnya.

Pada akhir, Yoga menyampaikan bahwa output dari acara Kemilau Ramadan ini adalah untuk melatih mahasiswa untuk peduli dan berbagi, khususnya teman-teman K3 sendiri. Ia berharap, Kemilau Ramadan ini bisa memberikan manfaat bagi pihak panti asuhan. “Harapannya dapat bermanfaat bagi anak-anak pantinya, berkah. Lalu untuk sembako-sembako yang kita beri tadi agar dikelola dengan baik oleh pihak panti. Kedepannya semoga lebih baik lagi, lebih banyak lagi,” tutup Yoga.

Penulis: Annisa Nabila

Editor: Yulia Rohmawati