Universitas Airlangga Official Website

Dorong Kemajuan Wisata Kesehatan, UNAIR-Pemkab Manggarai Barat Tandatangani MoU

Dorong Kemajuan Wisata Kesehatan, UNAIR-Pemkab Manggarai Barat Tandatangani MoU
Dorong Kemajuan Wisata Kesehatan, UNAIR-Pemkab Manggarai Barat Tandatangani MoU

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat. Kegiatan penandatangan itu berlangsung pada Jumat (4/19/2024) di Ruang Sidang Pleno Balai RUA, Kantor Manajemen, Kampus MERR-C.

Lewat penandatangan kesepakatan bersama itu, UNAIR dan Pemkab Manggarai Barat bersepakat untuk menjadi mitra strategis dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengoptimalkan fungsi pelayanan kepada masyarakat Manggarai Barat.

Dalam acara penandatangan itu, hadir Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak selaku rektor UNAIR; Prof Dr Ni Nyoman Tri Puspaningsih MSi, wakil rektor bidang riset, inovasi, dan community development; Dr Koko Srimulyo MSi, sekretaris universitas; Prof Dr Budi Santoso, dekan fakultas kedokteran; Prof Dr Muhammad Luthfi Mkes, dekan fakultas kedokteran gigi; dan Prof Dr Nasronudin, direktur Rumah Sakit UNAIR.

Sementara itu, hadir juga Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi SE bersama Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Teobaldus Landi; Kepala Bagian Tata Pemerintahan Marselinus Bandur; Kepala Dinas Kesehatan Adrianus Ojo; Kepala Badan Kepegawaian Daerah Tomas Faran; dan Direktur Rumah Sakit Labuan Bajo Dr Melinda.

Dalam pidato sambutannya, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi SE berharap kerja sama bersama UNAIR bisa menjadi langkah untuk memajukan sektor pariwisata. Apalagi Pemkab Manggarai Barat sedang  menggagas Labuan Bajo agar bisa menjadi wisata sektor kesehatan.

“Manggarai Barat sedang berbenah, kalau hari ini Labuan Bajo membuming, kami harus akui bahwa itu karena anugerah Tuhan dan kerja keras bersama-sama dari semua unsur, baik pusat maupun daerah yang dengan caranya masing-masing membangun bersama Labuan Bajo. Di tengah kemajuan sektor pariwisata, kami bermimpi bahwa pariwisata bisa linier dengan kesehatan karena jika sektor kesehatan memadai, maka akan ada kenyamanan saat wisatawan berkunjung ke Labuan Bajo,” katanya.

“Kami merencanakan bahwa jangan sampai hanya karena alamnya yang indah saja orang mau datang ke Labuan Bajo. Kami sedang mendesain dan menggagas agar Labuan Bajo juga menjadi wisata sektor kesehatan. Saya yakin bahwa dengan ditandatangani MoU hari ini. Kita mau bersama-sama meninggalkan sesuatu yang bermanfaat dan berarti untuk rakyat di Kabupaten Manggarai Barat. Kami menyadari bahwa kami masih sangat tertinggal, terutama di sumber daya manusia. Mohon isi kepala agar cara pandang kami bisa dicas sehingga pada saatnya kami bisa dan mampu sejajar dengan saudara kita yang ada di negeri ini,” tambahnya.

Dorong Kemajuan Wisata Kesehatan, UNAIR-Pemkab Manggarai Barat Tandatangani MoU

Sementara itu, Prof Nasih sangat menyambut baik tawaran kerja sama dari Pemkab Manggarai Barat. Ia berharap akan terwujud kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua pihak.

“Kami menyambut baik dan sangat berharap akan ada banyak hal yang bisa kita kerjasamakan dengan kawan-kawan dari Manggarai Barat. Insha Allah di UNAIR tersedia banyak hal, tinggal mau beli yang mana dan nanti mekanisme seperti apa, tapi yang penting catatan terakhirnya adalah bahwa kerjasama ini harus saling menguntungkan, gak boleh ada yang dirugikan. Jadi, UNAIR juga untung dan pemkab juga untung dan insyaallah dengan kerja sama ini kita semua nanti bisa mendapatkan hasilnya dan paling tidak ada legacy yang ditinggalkan,” katanya

“Kemudian, terkait pembangunan (Kabupaten Manggarai Barat, Red) tentu kita harus revitalisasi semua yang ada. Konsep kita simple aja. Jadi, kalau hanya mengandalkan sumber daya alam tentu suatu saat akan habis, sehingga sumber-sumber ekonomi dan kesejahteraan yang bersifat berkelanjutan yang harus kita dorong dan kembangakan, khususnya terkait sumber daya manusia dengan seluruh kapasitasnya,” tambahnya.

Penulis: Edwin

Editor: Feri Fenoria

Baca Juga:

Foto: Penandatanganan MoU Universitas Airlangga Dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat

Resmi! MOU FKG UNAIR Dengan School of Dentistry University of the West Indies