Universitas Airlangga Official Website

Karya Peneliti UNAIR Dipamerkan pada SEE Pakistan Internasional 2023

Prof Dr Suryani Dyah Astuti MSi sedang berfoto di depan stand Indonesia di SEE Pakistan Internasional 2023 pada (23-27/8/2023). (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Karya milik Peneliti Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil masuk dalam pameran internasional. Dento-ßilaser karya Prof Dr Suryani Dyah Astuti MSi, Prof Dr Ernie Maduratna Setiawatie drg, dan Deny Arifianto ST MT sejajar dengan produk peneliti dunia lainnya dalam kegiatan SEE Pakistan International 2023 pada (23-27/8/2023), bertempat di Expo Center, Lahore, Pakistan.

Kepada UNAIR NEWS (4/9/2023), Ketua Peneliti Prof Dr Suryani Dyah Astuti MSi mengatakan bahwa ia sangat berbangga karena produk milik Indonesia mampu menarik perhatian dunia internasional. Ia juga mengatakan jika Dentolaser pernah masuk dalam ajang nasional di forum Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) dan mengikuti pameran internasional di Jerman.

“Kegiatan selama di sini meliputi workshop tentang start-up, bagaimana menjalin link dan mengembangkan produk. Selain itu juga presentasi dan pameran produk yang banyak dihadiri pengusaha dari Pakistan,” ujarnya.

Karya Asli Anak Bangsa

Prof Suryani pun menjelaskan bahwa Dento-ßilaser merupakan produk baru berbasis fotonik non-invasif dengan bahan baku lokal. Selain itu, dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 70 persen. Dengan biaya operasional yang lebih murah dari biaya pengobatan, melalui produk tersebut pun akan lebih terjangkau.

Produk Dento-ßilaser tersebut juga dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit gigi dan mulut. Di antaranya, periodontitis, karies gigi, dan Infeksi saluran akar atau endodontis. Tidak hanya itu, manfaat lain pun dapat terasa seperti mempercepat penyembuhan usai ekstraksi gigi dan operasi, terapi akupunktur, hingga menyembuhkan infeksi pada kulit.

“Dentolaser FBM ini dapat dimanfaatkan dan dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi alat kesehatan yang diproduksi secara massal. Hal itu untuk membantu mempercepat penyembuhan penyakit usai ekstraksi gigi, operasi periodontal juga terapi akupunktur dan fisioterapi,” tambahnya.

Keunggulan Dentolaser

Beberapa keunggulan juga dimiliki oleh produk tersebut. Seperti sederhana dalam pemakaian, portable, non-invasif, mampu mempercepat proses penyembuhan luka, hingga laser dalam produk dengan pengaturan baik sehingga tidak menyebabkan rasa sakit bagi pasien.

“Produk ini penting dan perlu karena belum optimalnya metode sistemik dengan antibiotik. Selain itu bahan kimia antimikroba untuk terapi infeksi oleh mikroba,” papar Guru Besar Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UNAIR tersebut.

Ke depan, ia berharap produk dentolaser dapat semakin masyarakat kenal, baik dalam maupun luar negeri serta memberikan kemanfaatan yang besar. Ia juga berpesan kepada para dokter yang menggunakan alat dalam pengobatannya untuk  menggunakan produk inovasi anak bangsa sehingga mengurangi impor dan tercapai kemandirian alat kesehatan dalam negeri. (*)

Penulis: Afrizal Naufal Ghani

Editor: Nuri Hermawan