Universitas Airlangga Official Website

Efikasi Diri Siswa Ditentukan Oleh Keterlibatan Orang Tua dan Guru

Efikasi Diri Siswa Ditentukan Okeh Keterlibatan Orang Tua dan Guru
Ilustrasi Siswa SMA/SMK (sumber: Liputan6)

Bagi seorang siswa, efikasi diri sangat penting bagi keberhasilan dan kegagalan dalam studi. Efikasi diri dalam penelitian ini diartikan sebagai rasa percaya diri siswa yang menjadi objeknya mempelajari kemampuan mereka untuk memecahkan masalah, menghadapi situasi yang berbeda, mengatur dan melaksanakan yang diperlukan tindakan, dan keyakinan pada kemampuan mereka untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Studi ini akan melihat adakah pengaruh keterlibatan orang tua, dukungan guru, dan dukungan teman sebaya terhadap efikasi diri siswa. Studi ini didahului kajian sebelumnya yang menyatakan bahwa efikasi diri siswa dibentuk oleh keyakinan siswa akan lingkungan belajarnya dan lingkungan sosial itu dapat berupa orang tua, teman sebaya, dan guru gurunya (Frenzel et al., 2007).

Pelaksanaan studi dilakukan terhadap 400 orang Siswa SMK di Kabupaten Pasuruan yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel acak bertingkat. Instrumen penelitian menggunakan skala efikasi diri dengan hasil tes menghasilkan a koefisien reliabilitas 0,780, keterlibatan orang tua 0,785, guru dukungan .572, dan dukungan rekan .834. Analisis data menggunakan PLS-SEM. Berdasarkan nilai probabilitas F-statistik diperoleh p-value sebesar 0,000 < α (α = 0,05), artinya ada pengaruh dari ketiganya variabel prediktor secara simultan terhadap efikasi diri siswa. Secara parsial nilai t-statistik ketiga variabel juga sama terbukti lebih besar dari t-tabel (1,96), dengan parental keterlibatan 2.868, dukungan guru 8.970, dan dukungan teman sebaya dari 4.101.

Dengan demikian, secara simultan variabel prediktor mempunyai pengaruh pada efikasi diri, dan secara parsial, dukungan guru mempunyai pengaruh paling besar pengaruh yang signifikan, diikuti oleh dukungan teman sebaya, dan orang tua keterlibatannya mempunyai pengaruh yang paling kecil. Dari studi ini dapatlah disimpulkan bahwa peran lingkungan sosial siswa sangat penting dalam mendukung keyakinan siswa dalam meraih keberhasilan. Peran guru, teman sebaya dan orang tua secara berurutan menunnjukkan tingkat signifikasinya terkadap tumbuhnya efikasi diri tersebut.

Penulis: : Laurentius Laka dan Suryanto

Baca juga: Simbolisme Kesenian Pabitte Passapu di Desa Tanah Towa Sulawesi Selatan